Mohon tunggu...
bajahitam
bajahitam Mohon Tunggu... full time blogger

Tukang moco, tukang ketik, tukang onlen,

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

10 Tips Desain untuk Website bisnis UMKM

7 Agustus 2018   17:12 Diperbarui: 27 Agustus 2020   09:52 280 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
10 Tips Desain untuk Website bisnis UMKM
10 Tips Desain untuk Website bisnis UMKM

Setiap usaha bisnis, besar atau kecil, membutuhkan website profesional hari ini. Namun, pengelolaan website dapat sangat mengintimidasi bagi pebisnis yang belum pernah menggunakan website sebelumnya. Website dapat menjadi salah satu elemen terpenting dalam bisnis anda, membantu membangun kepercayaan di antara klien, atau malah membuang calon pelanggan.

Kali ini Matob Creative Studio akan membahasa Tips Desain untuk Website Bisnis UMKM.

10 Tips Desain untuk Website Bisnis UMKM.

10 kiat yang tercantum di bawah ini akan membantu website bisnis Anda mendapatkan perhatian dan menghasilkan dampak yang diinginkan.

  1. Bebas Distraksi
    Desain Website bisnis harus sederhana namun menawan. Terlalu banyak informasi atau desain yang rumit dapat membuat pemirsa kebingungan. Desain yang rapi juga mengindikasikan profesionalisme. Jadikan Website Anda untuk simpel sehingga konsumen/klien Anda memiliki pengalaman browsing yang menyenangkan.

  2. Google harus dapat menemukan situs Anda dengan mudah
    Website yang tidak berantakan, konten yang jelas, URL yang tepat, sitemap, dan kata kunci yang relevan akan memungkinkan mesin pencari seperti Google untuk mengindeks website bisnis Anda dengan mudah. Desain website untuk bisnis harus mencakup setidaknya SEO dasar. Sangat penting untuk menjadikan website anda SEO friendly untuk mempermudah Google dalam mengindeks-nya.

  3. Mobile Friendly
    Setelah Google mengumumkan tentang sistem indeks web seluler, maka anda sebenarnya bunuh diri jika website anda tidak didesain responsif. Ini berarti bahwa tampilan website Anda harus bisa beradaptasi ketika dilihat di perangkat seluler.  Anda harus memastikan bahwa website Anda memberikan pengalaman yang ramah pengguna di semua perangkat.

  4. Inbound Leads
    Salah satu fungsi terpenting dari setiap website bisnis adalah fokus pada prospek masuk dan menangkap pengunjung sebanyak mungkin. Biasanya sebelum membeli produk, pengunjung suka melakukan riset produk dan membandingkan dengan kompetitor anda, dan mereka mungkin tidak siap untuk membeli segera.

    Prilaku ini harus anda manfaatkan menggunakan popup window untuk memperoleh alamat e-mail mereka sehingga Anda dapat terus menginformasikan dan mengukur kapan mereka siap untuk membeli. Namun, jangan terlalu banyak popup karena ini dapat mengganggu calon pelanggan anda.

  5. Detail kontak yang mudah terlihat
    Ini adalah hal yang paling jelas untuk dilakukan tetapi dalam desain website bisnis umkm cenderung mengabaikan faktor kontak ini. Nomor telepon dan alamat e-mail Anda harus ditampilkan dengan jelas di situs web dan, jika mungkin, di bagian atas dan bawah setiap halaman. Buat halaman 'HUBUNGI' di bagian akhir yang tidak hanya mencakup nomor kontak tetapi alamat email, alamat fisik perusahaan, dan peta, bersama dengan petunjuk arah dan jam operasi perusahaan Anda.

  6. Branding merek harus profesional
    Hindari kesembronoan apa pun di website bisnis Anda dan fokuskan untuk memberikan tampilan profesional yang konsisten dengan merek Anda. Gunakan warna yang menonjol di logo merek Anda. Sewalah jasa pembuatan website profesional, jika diperlukan, untuk memberikan tampilan profesional kepada situs web Anda. Pilih satu atau dua font dan pastikan bahwa itu digunakan secara konsisten di seluruh website. Grafik dan gambar yang Anda gunakan juga harus sinkron dan melengkapi website.

  7. Desain harus sederhana dan unik
    Apakah Anda mendesain website Anda sendiri atau menyewa jasa pembuatan website profesional, tujuan Anda seharusnya adalah membuat website yang mencerminkan merek Anda. Kesan pertama adalah yang paling penting dan akan menarik atau mengusir pemirsa.

    HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    VIDEO PILIHAN