Mohon tunggu...
Baizul Zaman
Baizul Zaman Mohon Tunggu... -

lahir di pulau Muna, Desa Pure, Kelurahan Labunia, Tahun 1988. Setelah tamat Sekolah di SMA 2 RAHA, saya melanjutkan kuliah di STMIK Dipanegara Makassar sampai tahun 2010. Tahun 2013 melanjutkan Studi S2 Bidang Teknik Informatika Universitas Hasanuddin.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Jaringan 3 (Tri) Indonesia: Membangkitkan Optimisme, Mewujudkan Kesejahteraan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

15 Juli 2020   23:40 Diperbarui: 16 Juli 2020   00:10 33 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jaringan 3 (Tri) Indonesia: Membangkitkan Optimisme, Mewujudkan Kesejahteraan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Jaringan 3 Indonesia (sumber : Tri.co.id)

                                                                                                             

"Jaringan telekomunikasi memegang peranan yang sangat penting dalam membangun peradaban umat manusia. Hal ini dapat kita saksikan dalam perjalanan memujudkan kemerdekaan bangsa ini tahun 1945"

Tidak bisa dibayangkan, jika informasi kekalahan Jepang terhadap sekutu pada waktu itu tidak segera sampai ke telinga para pejuang kemerdekaan bangsa ini. Bisa jadi, pada tanggal 17 Agustus 1945 kita belum bisa memproklamirkan kemerdekaan, dan penjajahan di atas bumi pertiwi ini pun masih akan terus berlangsung.

Jika kita membaca lagi sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa ini, disitu kita bisa melihat dengan jelas bahwa untuk mendistribusikan informasi dari satu tempat ke tempat lainnya bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Saat Sutan Syahrir mendapatkan kabar berita kekalahan Jepang lewat siaran radio luar negeri pada tanggal 10 Agustus 1945, ia pun dengan susah payah mencari cara untuk bisa mendistribusikan informasi tersebut kepada para pejuang pro kemerdekaan.

Pun demikian, saat proklamasi kemerdekaan bangsa ini dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945, informasinya pun tidak serta merta langsung tersebar ke seluruh pelosok negeri. Butuh waktu berhari-hari hingga pada akhirnya semua rakyat di negeri ini baru mengetahui bahwa bangsa ini telah merdeka, bebas dari segala bentuk penindasan para penjajah.

Berkaca dari peristiwa penting yang dialami oleh bangsa ini pada masa silam, disitu kita bisa melihat betapa pentingnya ketersediaan media komunikasi yang dapat menyalurkan informasi ke berbagai pihak. Dengan adanya hal tersebut, kita akhirnya bisa mewujudkan cita-cita kemerdekaan bangsa ini yang telah didamba-dambakan sejak beratus-ratus tahun lamanya. Dengan kata lain, hal itu bisa menjadi media pemersatu bangsa.

Jaringan 3 Indonesia dan Kemudahan yang Diberikan

Setelah beberapa dekade berlalu, tentu saja kondisi sudah mulai berubah. Jika dahulu kala media komunikasi yang tersedia sangat terbatas, maka hari ini sudah ada beraneka macam bentuknya. Diantaranya, seperti yang disediakan oleh 3 (Tri) yang merupakan salah satu penyedia layanan telekomunikasi selular terkemuka di Indonesia yang terkenal dengan tag linenya #KalahkanJarak. Jaringan 3(Tri) yang dikelola oleh PT Hutchison 3 Indonesia (H3I) (bagian dari Hutchison Asia Telecom Group) mengoperasikan jaringan nasional berlisensi 2G, 3G/WCDMA, 4G LTE GSM dan yang terbaru adalah jaringan 4,5G.                                                                                                    

Melansir data yang dicantumkan pada website www.tri.co.id menyebutkan bahwa Teknologi 4G LTE yang dimiliki oleh 3(Tri) sendiri telah hadir di 7.900 desa dan kelurahan. Selain itu, jaringan baru 3 (Tri) 4.5G yang juga dimiliki oleh perusahaan ini sudah mencakup 7.400 desa dan kelurahan di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Bali dan Lombok, serta serta didukung oleh fiber optic yang membentang sepanjang 16.000 Km.

Dengan luasnya cakupan dan jangkauan dari jaringan baru 3(Tri) ini, maka Jika hari ini seseorang yang berada di Papua ingin berbagi informasi dengan orang lain yang ada di Aceh, Jawa, Kalimantan, Sumatera atau Sulawesi maka itu bisa dilakukan dengan sangat mudah. Informasi tersebut akan tersebar dengan cepat dan tepat. Bukan saja dalam bentuk teks ataupun suara, namun gambar dan vidio pun sudah bisa didistribusikan dengan gampang.

Pertanyaanya kemudian, manfaat apa yang bisa kita dapatkan dari hadirnya jaringan baru 3(Tri) yang luar biasa ini?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x