Mohon tunggu...
Bai Ruindra
Bai Ruindra Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger

Teacher Blogger and Gadget Reviewer | Penulis Fiksi dan Penggemar Drama Korea | Pemenang Writingthon Asian Games 2018 oleh Kominfo dan Bitread | http://www.bairuindra.com/ | Kerjasama: bairuindra@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Digitalisasi bagi UMKM di Daerah Terpencil

17 Desember 2022   17:33 Diperbarui: 17 Desember 2022   17:50 203
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumen Pribadi - UMKM di Aceh Barat

Daerah terpencil jangan lagi dipandang sebelah mata di zaman ini. Dari daerah terpencil pula bisa lahir ide dan inovasi tingkat tinggi dalam rangka memaksimalkan perekonomian Indonesia.

Saya melihat sendiri bagaimana sebuah UMKM di daerah terpencil bersenyawa dengan kehidupan modern. Di mana mereka tidak ketinggalan zaman dalam mengubah gaya hidup kekinian - di era teknologi - sehingga produk kearifan lokal bisa dijual sampai ke seluruh negeri.

Sebutan digitalisasi bagi UMKM tak lain aktivitas mereka yang tanpa batas. Di mana dengan bantuan internet, pangsa pasar mereka jauh lebih baik ke depan dengan kebijakan-kebijakan bahkan kerja keras dari pekerja UMKM itu sendiri.

Maka dari itu, sebagai orang yang setiap hari bekerja dengan internet, saya ingin memberikan masukan lebih kepada pelaku UMKM di daerah terpencil yang terkoneksi dengan internet, agar mereka mampu berbenah dan mengubah strategi agar produk yang dijual menjangkau lebih luas lagi.

UMKM Bertumbuh

Bagaimana sebuah UMKM bertumbuh di daerah terpencil saat ini? Salah satu caranya adalah mau bersaing dengan mereka yang lebih dahulu bermain aman dengan berjualan online. Cara ini sangatlah efektif di saat dunia serba modern. Langkah apa yang mesti dilakukan oleh pelaku UMKM di daerah terpencil ini?

Pertama, pastikan produk UMKM yang dihasilkan sangatlah banyak dibandingkan sekarang atau sesuai kebutuhan pasar. Kenapa dibutuhkan banyak karena pasar online ini tidaklah seperti yang terlihat, kadangkala mereka bisa berjalan maksimal kadang pula lesu. Maka, dengan stok yang banyak memungkinkan jenis dan tipe produk yang dipasang pada etalase toko online juga begitu beragam.

Kedua, buatlah akun di marketplace terkemuka untuk menjual produk UMKM ini karena aplikasi mereka sudah sangatlah besar. Dengan gambar yang menarik di etalase, banyak volumenya dan tentu saja harga yang variatif, maka dipastikan produk akan muda laku. Tebarkan diskon besar-besaran untuk menarik minat pembeli karena dengan demikian toko dari UMKM ini akan terus berkembang.

Ketiga, buatlah website sendiri untuk memasang gambar di etalase sebaik dan sebanyak mungkin. Dengan adanya website ini, maka toko online akan dipercaya lebih baik daripada toko yang tidak ada.

Keempat, andalkan media sosial. Media sosial yang tentatif kerjanya bisa diandalkan sebaik mungkin guna mendapatkan banyak sekali keuntungan. Dengan ragam gambar di media sosial, dengan link ke toko online dan selalu aktif 24 jam maka dipastikan pemasukan akan lebih besar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun