Mohon tunggu...
Nanda BahriSyahrial
Nanda BahriSyahrial Mohon Tunggu... NBS

Hello

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kuliah Kerja Nyata Kelompok 13 Mengabdi untuk Negeri di Tengah Pandemi

18 Juni 2021   00:39 Diperbarui: 18 Juni 2021   00:43 64 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kuliah Kerja Nyata Kelompok 13 Mengabdi untuk Negeri di Tengah Pandemi
Foto bersama mahasiswa KKN dengan Koordinator Bank Sampah Budi Luhur-dokpri

Jakarta -- Universitas Budi Luhur kembali mengirim para mahasiswanya untuk mengabdi kepada masyarakat lewat program Kuliah Kerja Nyata yang telah dimulai pelaksanaannya pertama kali pada tahun 2012 dengan nama awal Rumah Cerdas Berbudi Luhur (RCBL). Pada periode genap tahun ajaran 2020/2021 saat ini, Universitas Budi Luhur mengirimkan mahasiswa KKN kelompok 13 untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata atau pengabdian kepada masyarakat di Jl. H. Gaim Rt 010/02 Petukangan Utara, Jakarta Selatan.

Kelompok KKN 13 terdiri dari 10 orang mahasiswa lintas fakultas yang diketuai oleh Raffi Ramadhan di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan Taqwa Putra Budi Purnomo Sidi S.E., M.M. Program kerja istimewa dari kelompok KKN 13 dengan tema "GAIM BERSERI" merupakan bagian dari proyek besar jangka panjang yaitu menjadikan Jl. H. Gaim Rt 010/02 Petukangan Utara, Jakarta Selatan sebagai desa wisata bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara ditahun-tahun mendatang.

Kelompok KKN 13 dengan program kerja bertema "GAIM BERSERI" melakukan kegiatan mural sebagai program utama dengan tujuan menciptakan lingkungan masyarakat yang lebih indah dipandang dan menarik perhatian serta antusiasme masyarakat untuk berkunjung ke Jl. H. Gaim Rt 010/02 Petukangan Utara, Jakarta Selatan. Selain itu, program pendukung berupa sosialisasi kepada masyarakat sekitar juga dijalankan sebagai sebuah upaya mengkomunikasikan dan memberikan informasi seputar proyek jangka panjang yaitu menjadikan Jl. H. Gaim Rt 010/02 Petukangan Utara, Jakarta Selatan sebagai objek wisata bagi para wisatawan.

Proses pengecatan warna dasar-dokpri
Proses pengecatan warna dasar-dokpri

Proses pengecatan gambar-dokpri
Proses pengecatan gambar-dokpri

Proses sosialisasi program kerja-dokpri
Proses sosialisasi program kerja-dokpri

Untuk mewujudkan program kerja yang telah dibuat, kelompok KKN 13 menjalin kolaborasi dengan Bank Sampah Budi Luhur dan Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup Kecamatan Pesanggrahan. Raffi Ramadhan selaku ketua kelompok KKN 13 mengatakan bahwa kolaborasi antara kelompok KKN 13, Bank Sampah Budi Luhur, dan Satuan Pelaksana Dinas Lingkungan Hidup Kecamatan Pesanggrahan merupakan bukti sinergi antara mahasiswa, organisasi kampus, dan juga pemerintah dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat. 

Raffi mewakili kelompok KKN 13 juga turut mengucapkan terima kasih atas bantuan dan dukungan dari Bank Sampah Budi Luhur serta Satuan Pelaksana Dinas Lingkungan Hidup Kecamatan Pesanggrahan dalam terealisasikannya program kerja "GAIM BERSERI".

"Kami dari kelompok KKN 13 tentunya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bank Sampah Budi Luhur dan Satuan Pelaksana Dinas Lingkungan Hidup Kecamatan Pesanggrahan atas seluruh dukungan dan bantuan yang diberikan sehingga dapat terimplementasikannya program kerja yang telah kami buat sebelumnya" Ujar Raffi ketua kelompok KKN 13.

Foto bersama di kantor Satuan Pelaksana Dinas Lingkungan Hidup Kecamatan Pesanggrahan
Foto bersama di kantor Satuan Pelaksana Dinas Lingkungan Hidup Kecamatan Pesanggrahan
Kuliah Kerja Nyata periode genap tahun ajaran 2020/2021 kelompok KKN 13 sendiri berlangsung selama satu bulan yang dimulai pada tanggal 24 Mei 2021 s/d 24 Juni 2021. Terselesaikannya program kerja "GAIM BERSERI" diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan menjadi pondasi awal dari rencana besar menjadikan Jl. H. Gaim Rt 010/02 Petukangan Utara, Jakarta Selatan sebagai objek wisata dimasa mendatang.

VIDEO PILIHAN