Mohon tunggu...
Bahrian Kuncoro Aji
Bahrian Kuncoro Aji Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

Random Topic

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Timnas Indonesia: Kutukan Runner-Up Piala AFF

6 Desember 2021   10:44 Diperbarui: 6 Desember 2021   10:48 174 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: https://www.instagram.com/affsuzukicup

Piala AFF (ASEAN Football Federation) merupakan turnamen prestisius dua tahun sekali antar negara-negara di Asia Tenggara. Sebelum berganti nama menjadi Piala AFF sejak tahun 2007, turnamen ini dikenal dengan nama Piala Tiger. Turnamen ini pertama kali digelar dimulai pada tahun 1996 di Singapura dan terakhir kali diselenggarakan pada tahun 2018 di negara masing-masing peserta dengan sistem kandang-tandang.

Selama berlangsung Piala AFF, Timnas Indonesia belum mampu merasakan sekalipun gelar juara baik pada edisi Piala Tiger maupun Piala AFF. Sempat lima kali mampu ke partai puncak, namun belum ada satupun gelar juara dibawa pasukan garuda ke tanah air. Terakhir Timnas berhasil ke partai puncak pada edisi Piala AFF 2016 namun kutukan runner-up masih menghantui Timnas di Piala AFF.

Momentum untuk meraih gelar juara semakin terwujud pada Leg 1 dengan menang dengan skor 2-1 menghadapi Thailand, tetapi momentum itu seketika pupus ketika Timnas berhasil dikalahkan Thailand di Leg 2 dengan skor 2-0. Dengan hasil ini membuat Thailand meraih gelar juara-nya untuk yang kelima kalinya dan membuat Timnas Indonesia kembali gigit jari untuk membawa pulang Piala AFF untuk pertama kalinya ke tanah air.

Gelaran Piala AFF  edisi2020 diputuskan ditunda karena pandemic Covid-19 dan baru terlaksana di tahun 2021. Seluruh pertandingan penyisihan grup akan dipusatkan di Singapura tidak seperti edisi 2018 karena mempertimbangkan pandemic Covid-19 yang masih masif di tahun 2020.

Kesempatan meraih gelar juara pada Piala AFF 2020 kembali terbuka lebar, pasalnya saat ini Timnas memiliki tren positif pada lima pertandingan uji coba sebelumnya Timnas hanya mengalami 1 kali kekalahan dan meraih 4 kali kemenangan. Selain itu saat ini Timnas Indonesia diperkuat oleh beberapa pemain yang memiliki pengalaman bermain di luar negeri. Tentu saja hal ini akan membuat Timnas semakin berkualitas dari segi skil dan fisik pemain.

Di sisi lain, kesempatan juara juga didukung dengan keberadaan coach Shin Tae-Young yang memiliki pengalaman melatih di Piala Dunia. Tentu saja hal ini akan membuat Timnas memiliki beragam strategi dan teknik permainan untuk memenangkan setiap pertandingan.

Lalu apakah untuk edisi Piala AFF 2020 Timnas Indonesia mampu mematahkan kutukan dan membuat sejarah untuk pertama kalinya meraih gelar juara Piala AFF? Mari kita sebagai pencita sepak bola Indonesia selalu mendukung dan mendoakan agar Timnas meraih hasil terbaik serta dapat menjuarai Piala AFF 2020. Berikan komentarmu bagaimana kans juara Timnas Indonesia di kolom komentar pada edisi Piala AFF 2020.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan