Mohon tunggu...
Bahitsa Al Badiyah
Bahitsa Al Badiyah Mohon Tunggu... Mahasiswi

Mahasiswi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, (20107030091). Selamat Membaca dan Semoga bermanfaat!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Kesuksesan di Balik Planning yang Matang

15 April 2021   11:58 Diperbarui: 15 April 2021   12:04 192 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kesuksesan di Balik Planning yang Matang
linovhr.com

"Pekerjaan yang baik tanpa perencanaan hanya akan jadi sulit. Perencanaan yang baik tanpa pelaksanaa hanya akan jadi arsip"

Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla

            Sebuah Tujuan yang telah kita rencanakan tidak akan bernilai, ketika kita tidak berusaha untuk menjalankannya. Contohnya yaitu saat kita mermimpi ingin menjadi orang yang sukses, namun kita hanya duduk diam menulis semua tujuan-tujuan yang ingin kita capai, tanpa melakukan sebuah usaha untuk mewujudkan apa yang kita inginkan. lalu bagaimana bisa kita menjadi orang sukses tanpa adanya suatu usaha? jika kita tidak melakukan suatu usaha itu artinya sama saja kita telah membuang satu mimpi hidup kita.

            Adapun pelaksanaan dari target tersebut dapat kita sebut rencana, yaitu meletakkan target ke dalam suatu rancangan yang akan dikerjakan dengan nyata, supaya dapat membuahkan hasil. Setelah mengetahui target serta rencana, sebelum berjalan kamu harus memastikan langkah-langkahnya, jumlah serta bagaimana caranya mengatasi barbagai macam rintangan yang mungkin akan menjadi penghalang bagimu, langkah alternatif apa saja yang harus di persiapkan.  

            Rencana adalah rancangan masa depan yang dibuat seperti apa yang di iginkan. Kemudian menyusun langkah-langkah serta tarapan yang terukur untuk dapat meraih target-target tersebut. Dengan adanya suatu rencana itu akan membuat:

  • Mudahkan dalam menggapai target
  • Menentukan arah tujuan perjalanan
  • Langkah-langkah pasti yang terarah untuk menuju pencapaian
  • Tindakan rasional untuk menyelesaikan berbagai masalah dan halangan yang menghambat

Penjamin tercapainnya suatu target, hendaknya mengetahui lingkungan tempat dimana kamu akan melangkah untuk meraih targetmu, dengan memahami titik kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan bagimana cara mengatasi tantangan yang ada. Ketika kamu telah memahami realitas yang kemudian menyimpulkan dalam beberapa titik penjamin tercapainya target, maka untuk menggapai target yang di dambakan akan menjadi suatu hal yang mudah.

Sebuah rencana akan memberimu kesempatan untuk berprestasi. Atau bahkan kamu kan termotivasi untuk mampu menentukan dan menguasai masa depan. Dalam perjalanan untuk mencapai suatu target kamu akan merasa enjoy dalam menjalaninya apabila kamu telah memperkirakan apa yang akan terjadi dalam perjalanan tersebut, menyiapkan segala bentuk bekal dalam menempuh perjalanan dan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang akan anda jumpai, walaupun kamu belum mengetahui sedikit pun mengenai targetmu.

Sebaliknya, ketika kamu berada di suatu tempat yang tidak kamu ketahui dan tidak ada yang kamu kenali satu pun, sehingga hal ini membuatmu cemas dan khawatir. Bahwa sesungguhnya, hal ini lah permulaan dari jalan yang suram. Dan dari situlah kamu akan mengetahui "apakah kamu merupakan orang yang memiliki rencan?" atau "kamu yang akan menjadi objek rencana orang lain?"

Untuk dapat mengetahui siapakah dirimu, berikut merupakan definisi pemilik rencana dan objek rencana.

  • Pemilik Rencada adalah seorang yang memegang kendali, yang benar-benar mengetahui ritme dan perjalanan hidupnya. Ia juga dapat memberi solusi serta cara mengatasi pada setiap problematika yang ada.
  • Objek Rencana adalah ia mengetahui perjalanan hidupnya juga memilik rencana namun ia bukan pemegang kendai akan tetapi orang yang mencari pemegang kendali.

Menjadikan sebuah rencana yang membuahkan hasil, perlu melalui beberapa tahapan yang harus dilakukan, yaitu:

  • Identifikasi
  • Pemahaman terhadap realitas, menakar kemampuan, memahami pribani dan jati diri.
  • Mencari Solusi
  • Mencari solusi bukan hanya ketika kamu mendapat suatu permasalahan. Namun saat kamu hendak mulai melangkah pun kamu perlu sebuah solusi kemana harus melangkah dan apa saja cara yang dapat mengahantarmu meraih mimpi.

Langkah-langkah untuk merealisasikan target perlunya pengetahuan yang sepurna. Maka harus menentukan langkah dengan siasat dalam rangka memperoleh informasi yang akurat untuk menggapai target.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x