Mohon tunggu...
BAHARUDDIN YUSUF
BAHARUDDIN YUSUF Mohon Tunggu... Lainnya - manusia biasa

mahasiswa fakultas pertanian

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Peran Mahasiswa dalam Menyongsong SDGs guna Menyejajarkan Indonesia dengan Negara-negara Maju

5 Oktober 2021   16:52 Diperbarui: 5 Oktober 2021   16:54 73 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mahasiswa adalah orang yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi, mereka dididik untuk menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas tinggi dan diharapkan dapat memajukan kesejahteraan bangsa Indonesia. 

Mahasiswa erat kaitannya dengan menyongsong SDGs. Sustainable Development Goals atau yang sering disingkat SDGs adalah suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, untuk mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. 

SDGs ini dilakukan dalam rangka menciptakan kesejajaran yang terjadi antara negara berkembang dengan negara maju, karena itu mahasiswa menjadi salah satu pihak yang memiliki pengaruh penting keberlangsungan SDGs di Indonesia.

Mahasiswa juga disebut sebagai aset dalam pengembangan bangsa Indonesia, karena dengan semakin tinggi kualitas mahasiswa dari suatu negara maka negara tersebut dapat berkembang dengan pesat menuju target yang ingin dicapai. 

Demikian hal itu juga harus didukung oleh  pemerintah dalam memfasilitasi mahasiswanya dalam kegiatan pembelajarannya baik  di dalam maupun di luar kampus, dengan begitu mahasiswa mendapat pandangan yang lebih luas. Mahasiswa menjadi pijakan dalam kemajuan suatu bangsa. Karena itu sangat diharapkan supaya nantinya mahasiswa dapat mengembangkan tujuan bangsa ke arah yang lebih baik. 

Sepatutnya seorang akademisi harus selalu berusaha untuk mencari pembenaran atas berbagai masalah yang ada, agar nantinya dapat memecahkan macam - macam persoalan bangsa. 

Inilah mengapa mahasiswa menjadi sosok penting generasi penerus bangsa. Apalagi mereka yang memutuskan untuk terjun ke dunia politik dan pemerintahan. Mahasiswa dengan segala fungsi dan perannya diharapkan dapat menciptakan perubahan bagi bangsa dan negara.

Selain itu mahasiswa juga termasuk dalam golongan idealis yang memiliki keyakinan dan pemikiran yang masih belum dipengaruhi persoalan partai politik, organisasi masyarakat, dan lain sebagainya. Beberapa hal yang dapat dilakukan mahasiswa agar menjadi mahasiswa yang berkualitas adalah

  • Mahasiswa harus sadar tentang politik dan kondisi kehidupan bernegara, bahwa memperoleh nilai yang tinggi itu penting, tetapi bagaimana tetap membela kepentingan masyarakat melalui gerakan mahasiswa juga tidak kalah penting.
  • Mahasiswa bisa memilih gerakan yang sesuai dengan visi misi tujuannya. Gerakan intelektual adalah salah satu cara mahasiswa untuk bergerak seperti kegiatan ilmiah, diskusi terbuka, aksi yang taat hukum, dan lain sebagainya.
  • Mahasiswa lebih aktif terlibat dalam organisasi dan gerakan mahasiswa tanpa mengabaikan urusan kuliahnya.
  • Mahasiswa memiliki manajemen waktu yang baik sehingga bisa menjalankan peran sosialnya di masyarakat, tanggung jawabnya pada orang tua dan diri sendiri.

Peran disini tidak hanyalah dalam bentuk kepintaran semata yang hanya di sibukkan terhadap dirinya sendiri. Mahasiswa sejatinya memiliki peran dan fungsi yang strategis akselerasi pembangunan termasuk pula dalam proses kehidupan bernegara. 

Mahasiswa merupakan inti dalam pengembangan bangsa. Maka dari itu dengan penuh harap, mahasiswa dapat memiliki wawasan yang luas serta memiliki pandangan untuk pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Peran mahasiswa sangatlah penting bagi kemajuan bangsa Indonesia di masa mendatang.

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan