Mohon tunggu...
Bagus Sudewo
Bagus Sudewo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Blog

Mahasiswa Tingkat Akhir yang selalu kepo

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Kamu yang Sering Pakai Google Scholar, Udah Tahu Ini Belum?

23 September 2021   12:36 Diperbarui: 23 September 2021   12:38 382 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Halaman Utama situs scholar.google.co.id

Kamu yang masih duduk di bangku kuliah pasti dituntut untuk membuat karya ilmiah seperti makalah, jurnal sampai skripsi. Pastinya kamu gak asing lagi dengan Google Scholar yang jadi andalan untuk menemukan refrensi tulisan ilmiah.  

Kali ini kamu akan tahu fakta menarik dalam situs Google Scholar. Penasaran, Apa sih fakta menariknya? 

Kamu sadar gak kalau pada halaman utama Google Scholar di bawah kolom penarian tertulis sebuah quotation "Berdiri di bahu raksasa". Penyematan quotation tersebut nyambung banget sama situsnya. 

Jika kita alih bahasakan ke bahasa inggris jadinya "Standing on the Shoulders of Giants", ini merupakan sebuah metafora yang diungkapkan pertama kali oleh seorang filsuf, pendidik asal Inggris John of Salisbury dalam bukunya yang berjudul "Metalogicon" tahun 1159.  

"We are like dwarfs sitting on the shoulders of giants. We see more, and things that are more distant, than they did, not because our sight is superior or because we are taller than they, but because they raise us up, and by their great stature add to ours."- Jhon of Salisbury

Metafora ini sangat menggambarkan bagaimana ilmu pengetahuan berkembang, para cendikiawan saat ini sudah banyak mengetahui konsep dasar hingga konsep lanjutan pada bidang ilmu yang ditekuninya karena telah mempelajari  pengetahuan awal yang ditemukan cendekiawan terdahulu. 

Jadi secara jelas ungkapan ini berarti menemukan kebenaran ilmu berlandaskan penemuan sebelumnya.  Ungkapan tersebut kemudian populer karena Isac Newton menulisnya dalam surat yang dikirim untuk Robert Hooke pada 1676.  Ungkapan tersebut masih terkenal sampai saat ini hingga disematkan di halaman utama Google Scholar sekaligus sebagai rasa terima kasih kepada para cendekiawan terdahulu. 

Ilmu pengetahuan selalu memilki sifat keterbaruan dan dapat disempurnakan selama ada bukti kuat yang mendukung teorinya. Benar bahwa ada beberapa teori dan konsep dari ilmu terdahulu kurang tepat sehingga disempurnakan pada generasi selanjutnya, tetapi para cendekiawan tetap harus memiliki pemahaman yang ditemukan terdahulu untuk membuat suatu kemajuan intelektual.

Sekarang balik lagi deh ke kamu, ketika kamu nyusun skripsi pasti hampir selalu ada bagian 'Landasan Teori' kan? Penting bagi kamu untuk tau dulu konsep dasar dari topik ilmiah yang kamu tulis sebelum ngelakuin eksperimen/penelitian biar valid. 

Valid di sini maksudnya karya ilmiahmu dapat diterima bukan hanya didukung dari data yang kamu punya tetapi juga dilandaskan dengan konsep dan teori yang jelas. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan