Mohon tunggu...
Bagus Brata Kirana
Bagus Brata Kirana Mohon Tunggu... Mahasiswa UMM Manajemen

I wanna good people

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Usaha yang Cocok di Era Pandemi Covid-19

26 November 2020   19:23 Diperbarui: 26 November 2020   19:25 16 1 0 Mohon Tunggu...

Badan Pusat Statistik, mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan ke II pada tahun 2020, mengalami minus sebesar -5,32%. Dan pada triwulan ke III-2020, Indonesia mengalami minus sebesar 3,49% dan hal ini berarti Indonesia mengalami resesi. Dimana hal yang paling mempengaruhi adalah, tingkat konsumsi rumah tangga dan investasi.

Untuk meningkatkan konsumsi rumah tangga, Negara telah melakukan penyaluran bantuan / insentif ekonomi yang berfungsi untuk membantu beban masyarakat Indonesia umumnya dan rumah tangga khususnya. Dan dampaknya adalah sulitnya mencari pekerjaan dan yang berakibat menurunnya daya beli masyarakat. Di sisi lain, daya beli masyarakat sangat dibutuhkan untuk mengurangi minusnya tingkat ekonomi Indonesia agar lepas dari jurang resesi.

Maka dari itu, para generasi muda-mudi Indonesia sudah seharusnya membuka pikiran dan menambah wawasan serta lebih kreatif lagi untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang sesuai di era pandemic. Seperti contohnya yaitu seperti jual beli online, dengan memanfaatkan toko-toko online maka hal ini akan memudahkan dalam memulai dan menjalankan usaha di era pandemic covid-19. Di sisi lain bisa juga membuka usaha sendiri dan menciptakan jual beli online sendiri entah dengan perantara whatsapp, facebook, Instagram dan aplikasi-aplikasi online yang dapat mendukung usaha tersebut.

Dengan begitu keadaan perekonomian Indonesia akan kian membaik dengan berjalannya waktu sehingga jika itu telah disadari oleh banyak orang dan para kaum pelajar maka resesi bisa diatasi. Karena, dengan menciptakan lapangan kerja baru, maka akan berefek pada menurunnya tingkat pengangguran dan dapat menambah tingkat konsumsi rumah tangga yang kini kian menurun juga. Dan mungkin ini lah cara yang tepat untuk mengatasi gejolak perekonomian saat ini. Dan resesi pun dapat teratasi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x