Mohon tunggu...
Mardiko Bagus Sumitro
Mardiko Bagus Sumitro Mohon Tunggu... Lainnya - Abdi Negara

Membaca dan menulis serta berdiskusi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Peran Pemuda dalam Aksi Kesukarelawanan untuk Masa Depan

5 September 2022   19:57 Diperbarui: 6 September 2022   10:05 265 6 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bila kita semua mendengar kata sukarela, pastilah mengarah pada aktivitas atau kegiatan melakukan hal yang disukai tanpa adanya paksaan, dan tindakan yang dilakukan bermakna sosial yang tentunya manfaatnya dapat dirasakan bersama,  jauh sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia sejak zaman nenek moyang melalui aktivitas gotong royong seperti melestarikan lingkungan, menjaga hutan dan alam dan lainnya. 

Di Indonesia, menjadi seorang relawan merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan, namun tidak semua orang mau terlibat. tidak dibayar, malah justru mengeluarkan materi, waktu, tenaga, dan pikiran bagi sebagian orang yang menyukainya. Ini merupakan sebuah tantangan yang harus kita lalui dan rasakan.

Dalam kegiatan kerelawanan, diawali dengan bagaimana menumbuhkan rasa empati satu sama lain terhadap satu masalah yang ada di lingkungan sekitar kita, kemudian dilanjutkan dengan kita memulai aksi dan kontribusi yang telah kita miliki, dan setelahnya upaya membuat komunitas atau wadah guna mengembangkan dan menyatukan tujuan dan visi serta misi untuk masa depan pada gerakan aksi kesukarelawanan. Di dalam komunitas itulah kita dapat berkontribusi dengan mengasah kemampuan yang dimiliki serta dengan aktivitas yang dilakukan mampu menginspirasi banyak orang untuk terlibat dalam kegiatan relawan.

Saat ini, hingga masa depan, kehadiran media sosial sebagai alat yang ampuh untuk dapat mengajak semua masyarakat untuk peduli dan berpartisipasi pada aktivitas kesukarelawaan. Peran pemuda didorong bersedia menjadi sukarelawanan dalam menghadapi persoalan di wilyahnya masing-masing. Terlebih dimasa pandemi seperti sekarang, peran pemuda penting untuk membantu penanganan Covid-19 saat ini yang masih ada. Peran relawan pemuda untuk membantu dan menolong pada sesama menjadi spirit pemuda sebagai agen perubahan yang menjadi salah satu perannya.

Banyak  hal yang bisa dilakukan para pemuda untuk terus berbuat kebaikan. Menjadi penggerak pemuda dalam aksi kebaikan, bergerak aktif untuk terlibat langsung dalam berbagai aksi kebaikan tersebut dengan menjadi relawan pemuda, membuat dan mengembangkan komunitas yang peduli dengan pada kehidupan sosial, lingkungan dan kemanusiaan serta bersinergi dengan banyak kalangan. Sehingga peran Pemuda dalam aksi kesukarelawanan untuk masa depan menjadi sebuah keniscayaan serta dapat menjadi sebuah budaya yang baik para pemuda.

Banyak cara para pemuda dapat berbagi kepada yang lebih membutuhkan namun terkadang banyak orang tidak mengetahui wadah, kelompok atau komunitas yang tepat untuk menyalurkannya. Nyatanya saat ini, terdapat banyak kelompok sukarelawan yang bergabung dan memiliki satu visi misi pada satu gerakan tertentu yang untuk kegiatan sosial dan kemanusiaan. Komunitas sukarelawan di Indonesia khususnya berfokus kepada berbagai aspek mulai dari pendidikan, kesehatan, kesejahteraan sosial, anak-anak, lingkungan hidup dan kelestarian alam, hingga peduli pada hewan.

Melalui aktivitas kerelawanan, para pemuda dapat berdiskusi, bertukar pemikiran dan pendapat yang akan menambah wawasan dan pemikirannya dalam hal kesukarelawanan, dan mampu merasakan hasil yang telah dicapai dengan mampu membahagiakan dan berbuat baik pada orang lain, tentu ini menjadi satu hal positif yang dilakukan bersama dan dapat menambah kemampuan dan keahlian para pemuda bersama komunitasnya. dan budaya tolong menolong dan gotong royong menjadi sebuah kebiasaan yang haruis dilakukan, sehingga peran pemuda dalam aksi kesukarelawanan untuk masa depan Indonesia dapat tercapai, Pemuda maju!!!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan