Bagus Firmansyah
Bagus Firmansyah Guru

Menyukai membuat video dokumenter, autopainting, fishery dan tanaman.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Penyebab Motor Matik ''Goyang Patah-patah"

19 Januari 2018   20:39 Diperbarui: 19 Januari 2018   20:46 3897 0 0
Penyebab Motor Matik ''Goyang Patah-patah"
Komponen Roller pada Matic (dokumentasi pribadi)

Pagi hari ini Bondan siap-siap berangkat kerja, dihidupin motor matic kesayangan kurang lebih 5 menit. Bondan tancap gas meninggalkan rumah, alangkah kagetnya Bondan, Motornya terasa goyang patah-patah, belum getaran yang terasa, bagi Bondan ini bukan Biasanya. Mungkin gerakan patah-patah ini hanya terasa pada tarikan bawah dan tarikan awal, tapi ini sangat tidak nyaman, apalagi sudah terbiasa dengan kondisi normal.

Berdasar pengalaman ini bisa disebabkan Roller CVT sudah aus, bentuknya sudah bukan lingkaran lagi, tapi berubah kotak-kotak. Fanbelt mungkin masih fit, tapi Roller biasanya termakan duluan karena faktor pemakaian (20Rb-30Rb Km). Untuk membuat motor kembali ke performa semula, sebaiknya komponen ini diganti, terutama pada bagian Roller.

CVT Grease Kit (dokumentasi pribadi)
CVT Grease Kit (dokumentasi pribadi)
Mengganti komponen dalam CVT, sebaiknya dibawa ke Bengkel resmi yang tahu seluk beluk kendaraan bermotor anda, daripada kena Bengkel yang belum jelas teruji kehandalannya. Biaya mungkin hanya terpaut sedikit kalau diperhitungkan, tetapi kepuasan dan garansi bisa jadi pertimbangan utama, saran jangan coba-coba, apalagi nekat membongkar sendiri.

Pengantian Komponen CVT sebaiknya dibarengi dengan pengantian Fanbelt, mengingat komponen CVT ini saling berhubungan satu sama lain, sehingga biaya, waktu, dan kepraktisan dapat dirasakan pemilik motor. Beberapa produk sudah membundling/sepaket dalam CVT Grease Kit, dimana komponen yang termasuk Grease/pelumas Roller, Fanbelt, dan Roller itu sendiri. Usahakan untuk membeli Sparepart yang asli, agar tak terjadi penyesalan dikemudian hari.

Penyebab Motor Matic Goyang Patah-patah.