Bagus Firmansyah
Bagus Firmansyah Guru

Menyukai membuat video dokumenter, autopainting, fishery dan tanaman.

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Membuat "SMS Center" Sendiri

10 Januari 2018   16:38 Diperbarui: 10 Januari 2018   16:42 1007 0 0
Membuat "SMS Center" Sendiri
GSM Modul (dokpri)

Membuat Hp sendiri?, rasanya tidak mungkin, tapi menggunakan GSM Modul kita bisa membuat SMS Center sendiri, kurang lebihnya sama dengan Ponsel. Mikrokontroler mengendalikan GSM Modul, Mikrokontroler disini adalah Arduino, nama alat dan Software yang sering dipakai didunia Mikrokontroler.

Komponen GSM Modul, Arduino Mega 2560, A6GSM Modul, LCD Display, Micro SD Reader untuk membaca Data-data Nama dan nomer telepon dan sebagainya. Arduino Mega 2560 berfungsi mengendalikan perangkat lainnya termasuk tampilan Display dan sebagainya, sedangkan A6Gsm Modul berfungsi sebagai Transaksi Data Komunikasi melalui Provider (SIM Card).

Aplikasi Arduino IDE berfungsi memprogram Arduino Mega 2560 sesuai keinginan User, kemampuan apa yang di inginkan dan bagaimana kerjanya, semisal pada alat ini berfungsi sebagai alat mengirim SMS secara masal, juga pengatur jadual otomatis yang bersifat reminder yang dibuat oleh Pengguna alat tersebut.

GSM Modul bekerja (dokpri)
GSM Modul bekerja (dokpri)
Pengiriman SMS Secara masal ini terprogram menjadi beberapa kebutuhan, semisal mengatur jadual Group jaga kampung, Rapat rutin dan sebagainya. 

Penggunaan alat ini mampu menghemat waktu pembagian informasi dikampung atau kantor, jadi Admin atau Pengelola tidak perlu repot-repot membagikan Informasi tiap hari dan manual, semua sudah terprogram, bahkan Pegawai yang terlambat bisa di ingatkan secara otomatis oleh alat ini setelah diprogram terlebih dahulu, tentunya setelah di Link dengan alat Absensi.

Membuat SMS Center Sendiri.