Mohon tunggu...
Bagus Firmansyah
Bagus Firmansyah Mohon Tunggu... Guru - Menyukai membuat video dokumenter, autopainting, fishery dan tanaman.

Menyukai membuat video dokumenter, autopainting, fishery dan tanaman.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Aquarium Air Tawar Serasa Aquarium Air Laut

30 Desember 2017   11:56 Diperbarui: 31 Desember 2017   14:40 7048
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Angelfish Albino Spesies Ikan Air Tawar Amerika Selatan

Pasir-pasir pantai dilautan yang berkilauan kuning keemasan, dan Batu Karang dibelakang rumah paman saya menggoda untuk dibawa pulang, kebetulan rumah paman berada dijalur Pantura. 

Sebenarnya ini kunjungan Silaturahmi biasa, tapi apa salahnya jika sedikit mengambil Pasir laut itu untuk dekorasi Aquarium. Masalah terbesarnya adalah tempat saya tinggal bukan daerah Pesisir, jadi Air laut sangat susah didapatkan, kalaupun ada mahal harganya.

Jika melihat Aquarium air laut memang sangat indah dan menggoda, terkesan elegan, mewah, dan mahal. saya mulai dari Pasirnya lautnya dulu dan Batu Karangnya, tetapi Ikan cukup jenis air tawar saja, mengingat mudah dicari dan harganya murah di daerah saya tinggal.

"Mengadaptasikan Pasir Laut dan Batu Karang ke Habitat air tawar"

Pasir Pantura menjadi Habitat Air Tawar, Tanaman Segar dan Sehat
Pasir Pantura menjadi Habitat Air Tawar, Tanaman Segar dan Sehat
Pasir Pantai dan Batu Karang setiba dirumah langsung saya bilas, dan saya rendam dalam Bak khusus selama seminggu untuk menghilangkan kadar garam dalam pasir dan Batu Karang, selama seminggu ini air sering saya ganti biar ada sirkulasi, tidak lupa Bakteri Starter saya tebarkan dipasir pantai yang berkadar garam tinggi.

Saat yang ditunggu-tunggu, Pasir Pantai dimasukkan dalam Aquarium, ditata sedemikian rupa dengan Batu Karang. Tanaman yang saya gunakan adalah Water Wasteria - Difformis, tanaman umum di dunia Aquascape. 

Tanaman saya gunakan untuk menyerap racun yang tertinggal dan menetralkan kadar garam (Uji coba saja), dan ini sepertinya berhasil, tanaman tumbuh segar. Setelah 2 minggu, Ikan Angelfish Albino saya masukkan dalam Aquarium, dan mereka sehat-sehat saja.

Sekarang Aquarium dirumah serasa Aquarium air laut dengan Pasir Pantai Pantura yang lembut, Hanya saja ikannya tetap air tawar. Aquarium ini sudah saya bongkar karena bosan, tetapi Tanaman Water Wasteria dan Batu Karang masih saya simpan buat ditata ulang lagi kalau ada waktu dan kesempatan.

Aquarium Air Tawar Serasa Aquarium Air Laut.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun