Mohon tunggu...
Pembelajar Ulung
Pembelajar Ulung Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis

Menulis memupukku untuk terus membaca

Selanjutnya

Tutup

Politik

Konflik Tak Berujung: Israel Gempur Gaza Minggu Pagi

4 Desember 2022   22:33 Diperbarui: 4 Desember 2022   22:52 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
CNN Indonesia : Sumber Gambar 

Konflik tak berujung sebuah frasa yang mengambarkan hubungan antara israel dan palestina. Terhitung 74 tahun sejak 1948 kedua negara tersebut mengalami konflik bersenjata hingga saat ini. Konflik sejata ini dipicu oleh berbagai hal baik internal dan eksternal. Hal tersebut menyebabkan usaha pemecahan masalah dan diplomasi perdamaian hanya berbuntut dengan intervensi pihak luar dan kebuntuan semata. Konflik yang tak kunjung mereda mengakibatkan negara palestina hancur dan porak-poranda.

Hingga saat ini, ditengah pesatnya perkembangan teknologi informasi, perang masih sering terjadi dan menjadi pemberitaan yang menyita banyak perhatian penduduk dunia. hal tersebut membuat citra negera israel menjadi buruk di media international. Namun, meskipun demikian israel seperti tutup telinga dan tidak terpengaruh oleh hal tersebut. Serangan dan pertempuran dapat terjadi kapan saja.

Minggu Pagi (4/12/2022) waktu Gaza, jet-jet tempur militan Israel menyerang beberapa fasilitas militer di jalur Gaza. Hal tersebut terjadi setelah beberapa saat militer palestina meluncurkan roket ke wilayah israel. Militan israel meluncurkan beberapa jet tempur untuk menggempur wilayah gaza dengan menargetkan beberapa lokasi khusus pembuatan senjata serta terowongan bawah tanah yang dimiliki oleh kelompok Hamas. Petinggi militan israel dilansir dalam ABC News menjelaskan bahwa tujuan serangan tersebut yaitu untuk memnghambat pihak lawan membangun kekuatan "Serangan tersebut  melanjutkan kemajuan untuk sebagai usaha menghambat pembangunan kekuatan Hamas" tuturnya.

 Militer Israel mengatakan serangan itu dirancang untuk mengganggu jaringan militan dan mencegah serangan di masa depan, tetapi Palestina mengatakan mereka melanjutkan pendudukan terbuka Israel, sekarang di tahun ke-56. Gelombang serangan Palestina baru-baru ini terhadap sasaran Israel menewaskan sembilan orang lagi.

Israel melakukan serangan hampir setiap hari yang  menargetkan warga Palestina yang terlibat dalam perencanaan atau berpartisipasi dalam serangan tersebut. Itu dipicu oleh serangkaian serangan  Palestina terhadap  Israel  musim semi lalu yang menewaskan 19 orang. 

Lebih dari 140 warga Palestina tewas dalam pertempuran antara Israel dan Palestina tahun ini. Menurut militer Israel, sebagian besar korban tewas adalah pejuang Palestina. Tetapii pemuda pelempar batu yang memprotes  tentara Israel dan lainnya yang tidak terkait dengan bentrokan itu juga tewas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun