Mohon tunggu...
Bagus Satrio Santoso
Bagus Satrio Santoso Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN Tematik UNDIP Kenalkan Alat Pantau Imunisasi kepada Kader Posyandu

4 Desember 2021   23:30 Diperbarui: 4 Desember 2021   23:31 38 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mahasiswa KKN Tematik UNDIP Kenalkan Alat Pantau Imunisasi kepada Kader Posyandu

Batang (28/11/2021) – Vaksinasi adalah proses pemberian “vaksin” untuk meningkatkan produksi antibodi dalam tubuh seseorang melalui suntikan pada organ tubuh tertentu maupun melalui tetesan ke dalam mulut (oral). Sedangkan Imunisasi merupakan proses dalam tubuh seseorang dalam memproduksi antibodi atau zat kekebalan tubuh yang berguna menangkal suatu penyakit tertentu. Pemerintah memiliki program imunisasi dasar lengkap dan imunisasi lanjutan pada anak sebagai upaya perlindungan kepada anak dari berbagai penyakit.

Pelaksanaan imunisasi pada anak masih menemui berbagai kendala di lapangan. Kurangnya partisipasi masyarakat dan dengan adanya pandemi covid-19 menyebabkan cakupan imunisasi dasar menurun di hampir seluruh wilayah di Indonesia, sehingga semua upaya harus dilakukan untuk mengatasinya, salah satunya melalui instrumen Kampungku-Rumahku (KK-RK).

KampungKu-RumahKu (KK-RK) merupakan suatu instrumen yang mengadopsi model My Village-My Home (MVMH) sebagai model dan konsep pemberdayaan masyarakat dalam kesehatan. KK-RK merupakan alat (tools) yang dirancang untuk memberikan gambaran visual status imunisasi semua bayi yang lahir di wilayah tertentu (desa) kepada masyarakat dan petugas kesehatan setempat. Alat ini disiapkan untuk membantu petugas kesehatan yang ada di lapangan (bidan desa) dan masyarakat (dan kader kesehatan) untuk efektifitas pemantauan dan pelacakan status imunisasi lengkap pada semua anak di wilayah setempat. KampungKu-RumahKu (KK-RK) adalah alat tingkat komunitas bagi masyarakat dan tenaga kesehatan setempat yang dirancang untuk menyediakan gambaran visual status imunisasi semua bayi & anak yang lahir di desa/wilayah tertentu.

Mahasiswa KKN Tematik UNDIP Kenalkan Alat Pantau Imunisasi kepada Kader Posyandu
Mahasiswa KKN Tematik UNDIP Kenalkan Alat Pantau Imunisasi kepada Kader Posyandu

Mahasiswa KKN Tematik Undip x UNICEF mengenalkan instrumen ini keapda kader posyandu di Kelurahan Proyonanggan Tengah. Kader posyandu diajarkan cara mengisi instrumen KK-RK dan bagaimana cara pemantauannya. Salah satu kader posyandu yang mendapat pelatihan adalah Bu Nanik kader posyandu di RT 5/RW 5 Proyonanggan Tengah. Menurutnya dengan adanya instrumen ini dapat membantu kader dalam memantau status imunisasi anak di wilayahnya.

“Dengan adanya KK-RK ini bisa membantu kami untuk memantau status imunisasi anak. Ttidak hanya kami selaku kader, dengan pemasangan banner KK-RK ini semua masyarakat dapat memantau secara bersama-sama status imunisasi anak di wilayah kami. Sehingga peran aktif masyarakat sangat dibutuhkan” ujar bu Nanik.

Kunci keberhasilan KK-RK adalah partisipasi aktif dari masyarakat. Masyarakat dapat saling memantau dan mengedukasi akan pentingnya pemberian imunisasi pada anak. Dengan adanya instrumen ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran orang tua untuk memberikan imunisasi pada anaknya sehingga anak terlindungi dari berbagai penyakit dan cakupan imunisasi dasar lengkap pada anak dapat meningkat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan