Mohon tunggu...
Bagoes RamadhanSatrio
Bagoes RamadhanSatrio Mohon Tunggu... Mahasiswa - Suka membaca

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 21107030147

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Sekolah Swasta VS Sekolah Negeri, Sekolah Mana yang Lebih Baik?

28 Mei 2022   23:52 Diperbarui: 28 Mei 2022   23:54 1196 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto : theeducatoronline.com

Dalam waktu dekat kegiatan bersekolah akan memasuki tahun ajaran baru, dimana anak-anak yang bersekolah akan memasuki sekolah yang jenjang nya lebih tinggi, seperti anak SD dan anak SMP. Atau anak-anak yang baru akan memasuki pendidikan Sekolah Dasar.

Biasanya bukan calon siswa yang akan bingung ingin masuk di sekolah mana, namun wali siswa tersebut yang akan bingung sekolah mana yang memiliki fasilitas penunjang belajar yang lebih baik bagi anaknya. Seperti yang kita ketahui di Indonesia terdapat dua jenis sekolah yang berdiri di negara kita.

Yang pertama sekolah Negeri, yaitu sekolah yang mana dibiayai pemerintah baik dari segi fasilitas, guru, staf administrasi dan lain sebagainya.

Kedua adalah sekolah Swasta, merupakan sekolah yang berdiri secara independen atau dijalankan oleh seseorang dimana dalam peyelenggaraannya tidak dikelola oleh pemerintah.

Kualitas antara kedua sekolah tersebut hingga saat ini masih diperdebatkan, ada yang menganggap sekolah Negeri lebih baik, da nada juga yang menganggap sekolah Swasta lebih baik.

Baik sekolah Negeri maupun Swasta sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangan. Hanya bagaimana caranya orangtua dari siswa tersebut dapat mempertimbangkan kelebihan mana yang menjadi prioritas bagi calon siswa yang akan bersekolah.

  • Biaya

Berbicara soal biaya, sekolah Negeri akan lebih unggul karena biaya spp yang akan dikeluarkan bagi siswa akan kecil atau gratis, hai ini dikarenakan pembiayaan akan ditanggung dan disubsidi oleh pemerintah, tidak sedikit dari para orangtua yang pada akhirnya terpaksa memasukkan anaknya bersekolah di sekolah Negeri, karena keterbatasan biaya.

Berbeda dengan sekolah Negeri, sekolah Swasta memiliki biaya spp dan uang masuk yang cukup tinggi, dikarenakan pengelolaan dan pembiayaan sekolah dilakukan secara independen, mulai dari gaji guru, pengembangan fasilitas, dan biaya lain.

  • Fasilitas

Sebenarnya kita tidak dapat menyamaratakan fasilitas antara semua sekolah Negeri dan sekolah Swasta yang ada di Indonesia. Untuk sekolah Negeri dengan label sekolah favorit akan mendapat fasilitas yang lebih baik dari sekolah Negeri lain, dan biasanya sekolah negeri favorit yang memiliki fasilitas yang dapat menunjang kegiatan belajar para siswa hanya berada di kota-kota besar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan