Mohon tunggu...
Ilmu Sosbud & Agama

Perpustakaan Mini Desa Pidekso: Membangun Budaya Baca di Desa Pidekso

17 Maret 2021   22:00 Diperbarui: 17 Maret 2021   22:01 98 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perpustakaan Mini Desa Pidekso: Membangun Budaya Baca di Desa Pidekso
Penyerahan sarana dan prasarana berupa buku dan lemari dari kelompok KKN 82 UNS kepada pemerintah Desa Pidekso. (Dok : Pribadi)

Seiring dengan perkembangan zaman, budaya membaca mengalami pergeseran dari membaca buku menjadi membaca melalui gawai (gadget) ponsel, tablet, komputer, laptop, bahkan yang lainnya. Hal ini membuat kualitas membaca dan minat baca mengalami penurunan. Tak heran bila Indonesia termasuk dalam salah satu negara yang memiliki minat baca yang rendah. Dalam konteks pendidikan di Indonesia, salah satu kunci kualitas pendidikan Indonesia yang baik ialah melalui minat baca dan daya baca masyarakat baik di desa dan di kota tanpa terkecuali. Bila kualitas minat dan daya baca masyarakat di suatu daerah dikatakan baik, maka akan berdampak kualitas pendidikan yang baik. Begitu sebaliknya, bila kualitas minat dan daya baca masyarakat di suatu daerah dikatakan tidak baik, maka akan berdampak pada kualitas pendidikan. 

Salah satu cara menumbuhkan minat dan ketertarikan akan membaca buku ialah melalui pengadaan perpustakaan atau sarana baca yang dapat dijangkau oleh masyarakat di suatu daerah. Kelompok 82 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret Surakarta yang terdiri dari 10 (sepuluh) orang dari berbagai fakultas berinisiatif melakukan pengadaan sarana dan prasarana dalam menyediakan perpustakaan sebagai sarana membaca masyarakat Desa Pidekso, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Latar belakang dari tercetusnya ide ini ialah bagaimana menciptakan pendidikan yang baik mealui cinta baca buku serta mengajak masyarakat khususnya anak-anak dan remaja Desa Pidekso dalam membaca buku. 

Dalam mewujudkan hal ini, kelompok ini melakukan berbagai upaya diantaranya ialah donasi buku yang bisa digunakan dalam perwujudan perpustakaan mini yang terjangkau dengan aktivitas masyarakat desa tersebut. Selain itu, diperlukan sarana untuk menyimpan berupa lemari dan lainnya dalam mewujudkan salah satu bagian dari program kerja tersebut. Dari hasil donasi buku yang sudah dilakukan, tercatat 318 (tiga ratus delapan belas) buku yang sudah didonasikan kepada kelompok KKN 82 untuk nantinya akan diberikan kepada pemerintah desa Pidekso. 

Penyerahan sarana dan prasarana perpustakaan Desa Pidekso telah dilakukan pada tanggal 19 Februari 2021 di Balai Desa Pidekso, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Dalam hal ini sebanyak 318 buku, serta sarana berupa 2 (dua) lemari telah diberikan dari kelompok KKN 82 UNS dan Pemerintah Desa Pidekso, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Pemerintah desa juga menyambut baik adanya pengadaan perpustakaan ini demi terwujudnya masyarakat desa Pidekso yang cerdas, dan mampu meningkatkan minat dan daya baca khususnya bagi anak-anak dan remaja dalam merealisasikan kualitas pendidikan yang baik bagi desa Pidekso yang maju, damai, dan sejahtera. 

VIDEO PILIHAN