Mohon tunggu...
Bagas Ryandia Ardi Saputra
Bagas Ryandia Ardi Saputra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Universitas Negeri Surabaya BK 2021 - B

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Secara Daring

8 Desember 2021   23:44 Diperbarui: 8 Desember 2021   23:53 153 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

2 tahun sudah COVID - 19 berdampingan dengan kita. Dan selama itu juga virus COVID 19 telah membuat seluruh aktivitas manusia terganggu. Mulai dari ibu - ibu yang biasanya pergi ke pasar untuk belanja kebutuhan sehari - hari, sejak COVID 19 lebih memilih berbelanja lewat aplikasi . e commerce. Tak terkecuali dari sektor pendidikan. Biasanya sekolah mengadakan kegiatan belajar mengajar secara langsung ( tatap muka ) tetapi saat ini harus ditiadakan.

Tingginya kasus penyebaran COVID 19 di khawatirkan akan membuat sekolah menjadi tempat penyebaran virus corona jika dilakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka. Namun pembelajaran daring tentunya merupakan hal yang baru bagu semua pelajar di Indonesia. Mulai dari SD, SMP, SMA, bahkan perguruan tinggi sekalipun semua merasakan hal yang sama. Oleh karena itu, dibutuhkan adaptasi agar pembelajaran daring dapat berjalan dengan efektif.

Biasanya dulu ketika belajar berada di kelas, saat ini berpindah ke aplikasi video meeting. Contohnya seperti ZOOM dan Google Meet. Banyak siswa pada awalnya kebingungan menggunakan aplikasi tersebut. Tetapi dengan arahan dari guru, kini para siswa lancar menggunakan aplikasi tersebut.

Berbicara pembelajaran secara daring tentunya ada kelebihan dan kekurangannya masing masing dan berbagai kelebihan pembelajaran daring pada masa pandemi sebagai berikut :

1.) Mencegah penularan Virus COVID - 19

Dengan membiarkan para siswa belajar dari rumah, tentunya akan mengurangi penularan virus corona. Karena sekolah merupakan tempat yang ramai dan akan sangat mudah untuk menularkan virus tersebut

2.) Tidak terhalang jarak

Berbeda dengan pembelajaran tatap muka yang harus datang langsung ke sekolah, Pembelajaran Daring tidak terhalang oleh jarak. Entah sedang berada di luar kota, luar pulau, bahkan luar negeri asalkan terhubung internet dapat dilakukan pembelajaran daring.

3. Tempat dan waktu yang lebih fleksibel

Dalam Pembelajaran daring biasanya guru akan menshare materi berbentuk file kepada siswa, sehingga para siswa bisa mengakses file tersebut dan dapat belajar kapan saja dan dimana saja

Kemudian, Kekurangan Pembelajaran Daring

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan