Mohon tunggu...
Tekno

"Cyber" Serang Generasi Muda?

29 November 2017   11:02 Diperbarui: 29 November 2017   11:05 699 0 0 Mohon Tunggu...
"Cyber" Serang Generasi Muda?
http://keywordsuggest.org

Belakangan ini, masyarakat Indonesia sangat antusias dan penasaran dengan penggunaan gadget (smartphone, tablet, laptop, dsb.). Namun yang disayangkan saat ini, mayoritas generasi muda dari anak-anak kecil hingga ABG mulai mengenal alat-alat gadget dan melupakan kebiasaan di masa mereka. 

Di masa lampau, generasi muda Indonesia sebelum memasuki era globalisasi selalu mengembangkan permainan-permainan tradisional yang kerap dapat menghibur sekaligus memberikan suatu pendidikan bagi anak-anak. 

Tetapi, anak-anak zaman "now" yang menginjak era-era globalisasi, terutama di bidang teknologi yang masyarakat sebut "Cyber" menyerang kepribadian, adat istiadat dan mental generasi muda, baik secara langsung maupun perlahan atau tidak langsung. Nah, apa yang mendasari "Cyber" bermanfaat dan/atau merugikan masyarakat Indonesia, terutama generasi muda penerus bangsa? Sebelumnya, mari simak dulu apa itu "Cyber".

Dunia maya (eng: Cyberspace) adalah media elektronik dalam jaringan komputer (internet) yang banyak dipakai untuk keperluan komunikasi satu arah maupun timbal-balik secara online (terhubung langsung). Dunia maya ini merupakan integrasi dari berbagai peralatan teknologi komunikasi dan jaringan komputer (sensor, tranduser, koneksi, transmisi, prosesor, signal, kontroler) yang dapat menghubungkan peralatan komunikasi (komputer, telepon genggam, instrumentasi elektronik, dan lain-lain) yang tersebar di seluruh penjuru dunia secara interaktif.

Dampak Positif internet "Cyber" telah banyak membantu manusia dalam segala aspek kehidupan sehingga internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial. Dengan adanya internet apapun dapat kita lakukan baik positif maupun negative. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia. 

Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web -- jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.

Dampak negatifnya sudah menjadi kewajaran bagi masyarakat karena dapat menangani atau melakukan pencegahan. Yang dikhawatirkan adalah anak-anak yang belum mengerti bahayanya pranala luar dari Internet yang dapat memancing korban untuk melakukan hal-hal negatif atau kejahatan maya atau disebut dengan "Cybercrime". Dengan sarana internet yang terbilang bebas diakses oleh seluruh masyarakat secara illegal, akan sangat mudah bagi anak-anak remaja untuk mengakses bagian-bagian dari internet yang terlarang atau belum saatnya bagi mereka untuk melihatnya, seperti "Violence and Gore"

Apalagi anak-anak umur 13 tahun kebawah belum mengerti penggunaan jual beli Online dengan Online Payment, mereka tidak akan menyadari bahwa mereka telah melakukan transaksi yang tak terduga, dan mengibas habis harta orang tuanya secara tidak sengaja maupun sengaja (mencuri).

 Oleh sebab itu, setiap aktivitas yang dilakukan anak-anak semestinya harus berada dibawah pengawasan orang tua saat mereka menggunakan alat-alat eletronik/gadget. Selain itu, Pemerintah sebaiknya juga mengambil langkah dalam menjaga generasi muda dalam menghadapi perkembangan teknologi "Cyber", sebelum hal-hal buruk yang tidak diinginkan menimpa anak-anak generasi penerus bangsa.

VIDEO PILIHAN