Mohon tunggu...
Bagas MF
Bagas MF Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN Tematik 2021

Untuk mengisi tugas KKN

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

KKN Tematik UPI 2021: Pemanfaatan Aplikasi Digital untuk Pembelajaran Daring

19 September 2021   15:00 Diperbarui: 19 September 2021   15:03 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pandemi covid-19 telah memberikan dampak begitu besar dalam kehidupan manusia dalam berbagai bidang, salah satunya dalam bidang pendidikan yang ada di Indonesia. Pembelajaran yang berlangsung selama pandemi covid-19 mengalami perubahan yang cukup drastis, karena kegiatan belajar mengajar terpaksa tidak bisa dilaksanakan secara tatap muka seperti biasanya. Segala kegiatan yang mengharuskan tatap muka atau bertemu secara langsung rentan sekali terpapar penularan covid-19. Oleh karena itu, bidang pendidikan melalukan sebuah perubahan dalam kegiatan belajar mengajar dengan memanfaatkan teknologi yang ada, walaupun teknologi tidak dapat menggantikan peran tenaga pengajar dan interaksi antara pengajar dan pelajar sebab edukasi bukan hanya sekedar memperoleh pengetahuan tetapi juga tentang nilai, kerjasama, serta kompetensi. Situasi pandemi seperti ini menjadi tantangan tersendiri bagi setiap individu yang ada dalam bidang pendidikan untuk mengembangkan kreativitas nya dalam menggunakan teknologi.

Pandemi covid-19 ini berdampak pada seluruh jenjang pendidikan dari mulai PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTs, hingga Perguruan Tinggi sekalipun. Karena keadaan pandemi seperti ini tenaga pengajar dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran secara daring. Oleh karena itu, diperlukan beberapa media pembelajaran pendukung serta strategi pembelajaran yang menarik bagi pelajar. Umumnya pengajar menggunakan aplikasi zoom/google meet dalam melaksanakan pembelajaran daring. Berikut tips yang dapat dilakukan agar pembelajaran daring lebih menarik. Berikut beberapa aplikasi digital yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran daring:

  1.  Menggunakan Background yang menarik (Aplikasi Zoom)

Dalam aplikasi zoom terdapat fitur yang dapat mengubah background yang digunakan oleh pengguna aplikasi tersebut. Fitur ini dapat dimanfaatkan agar pembelajaran lebih berwarna dan menarik. Gambar yang dipilih pun harus gambar yang menarik dan tidak monoton, tetapi tidak mengganggu fokus dalam kegiatan pembelajaran. 

Gambar yang dipilih sebagai background dapat menjadi pendukung untuk materi yang sedang dijelaskan. Dengan suasana seperti itu, pembelajaran akan lebih menarik dan tidak membuat jenuh.

       2. Mengadakan Quiz

Quiz yang dibuat harus sesuai dengan pembahasan materi yang telah disampaikan, bisa berupa tanya jawab singkat secara lisan ataupun tulisan. Agar lebih menarik berikan point pada setiap jawaban yang telah disampaikan, dan point tersebut dapat bermanfaat untuk nilai ataupun hal lainnya yang dapat membuat siswa lebih antusias untuk menjawabnya. Quiz yang diberikan tidak sebatas hanya dengan tanya jawab, dengan memberikan tantangan pun bisa dilakukan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menerapkan pembahasan yang telah disampaikan.

      3. Menampilkan bahan presentasi berupa animasi

Buatlah bahan materi berupa animasi agar siswa tidak bosan jika hanya mendengar penjelasan yang sebatas didukung dengan tulisan yang ditampilkan. Banyak platform pendukung untuk membuat animasi dengan mudah. Cara ini memang cukup ribet untuk dilakukan, akan tetapi berdampak besar dalam kondusifitas pembelajaran yang berlangsung.

     4. Menggunakan video untuk pendukung materi

Metode ceramah dengan didukung oleh teks saja dirasa cukup membosankan bagi siswa dalam melaksanakan pembelajaran daring. Untuk menghindari hal itu, menggunakan video merupakan salah satu cara efektif untuk meningkatkan daya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Akan tetapi, video yang diberikan harus yang dapat mendukung materi yang sedang dibahas, agar tujuan pembelajaran bisa terlaksana secara efektif.

     5. Mengemas materi dengan games

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun