Mohon tunggu...
Bagas Harianja
Bagas Harianja Mohon Tunggu... @bagas_harianja

Penulis, Medan, Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Bahasa Suatu Kekayaan yang Harus Dilestarikan

15 Januari 2021   22:29 Diperbarui: 15 Januari 2021   22:36 99 1 0 Mohon Tunggu...

Kekayaan suatu bangsa tidak hanya diukur melalui sumber daya manusia ataupun sumber daya alam yang melimpah.Tanpa disadari ada satu aspek yang terlewatkan dari sekian banyak hal yang mengindikasikan suatu bangsa itu memiliki keunggulan

Saat ini indonesia dikenal sebagai bangsa yang besar dan kaya akan keindahan sumberdaya alamnya,namun perlu diketahui juga bahwa bangsa ini memiliki ragam bahasa.Terlebih bangsa ini memiliki tingkat heterogen yang tinggi dengan berbagai ciri khas yang membuat bangsa ini kaya akan bahasa.Bahasa acap kali sering dianggap suatu hal yang tidak terlalu dipikirkan namun sebenarnya bahasa sangat berpengaruh besar dalam kehidupan bersosial masyarakat.

Beruntungnya bangsa ini memiliki keberagaman dalam hal berbahasa mengingat tidak semua bangsa didunia ini memilki hal yang serupa.Tidak jarang banyak masyarakat internasional memuji bahkan tabjuk melihat keberagaman yang ada di negeri ini.Pertanyaan yang mungkin terlintas dibenak mereka yaitu keutuhan negara ini dengan berbagai perbedaan yang ada serta ciri khasnya tersendiri.

Sudah seharusnya kita sebagai masyarakat negeri ini merasa bangga sekaligus melestarikan bahasa daerah kita sekaligus mengutamakan keutuhan negara ini melalui bahasa.

Bahasa daerah yang dimiliki suku-suku di Indonesia, sangat penting keberadaannya sebagai kekayaan yang tak ternilai. Jika bahasa suatu bangsa hilang, maka kearifan lokal, sastra, dan budayanya juga akan hilang. Hal itu menjadi alasan mengapa pemerintah pusat, dalam hal ini Indonesia, dan daerah perlu menjaga bahasa daerah agar tidak kehilangan budaya dan keberadaban.

Namun dibalik semua itu ada kekhawatiran akan keberlangsungan dari ragam bahasa yang dimiliki bangsa ini. Faktor perkawinan antar etnis serta arus globalisasi yang saat ini bisa saja menghapus satu per satu keragaman bahasa yang ada dinegeri ini.

Sudah saatnya kita disadarkan akan situasi yang ada ditengah tengah bangsa ini yang kita sendirilah yang berperan penting dalam menjaga keutuhan bangsa Indonesia.Melalui bahasa bangsa ini dikenal kekayaannya dan melalui bahasa pula bangsa ini dikenal keutuhannya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x