Mohon tunggu...
Bagas Prakoso
Bagas Prakoso Mohon Tunggu... Mengubah sesuatu, menjadi sesuatu

Butuh aksi, bukan hanya sekedar puisi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Sejarah Karang Taruna

14 April 2021   12:18 Diperbarui: 14 April 2021   14:12 90 1 0 Mohon Tunggu...

Karang Taruna 

Organisasi pemuda yang ada dalam arti masyarakat dan memiliki peran sosial yang penting bagi suatu daerah. Semakin aktif pemuda di daerahnya, semakin banyak pula kegiatan positif yang dapat dilakukan.

Karang Taruna juga merupakan wadah bagi pemuda-pemudi yang ingin bersosialisasi, mempunyai kreatifitas yang tinggi, serta ide-ide yang tidak dapat di tuangkan. Saya sendiri bergabung dikarang taruna cukup aktif, terutama di Karang Taruna tingkat Kelurahan Munjul. Banyak sekali manfaat yang di dapat jika teman-teman bergabung di sebuah organisasi kepemudaan ini.

Pengertian Karang Taruna

Karang Taruna adalah salah satu organisasi kepemudaan di Indonesia yang dijadikan wadah untuk pengembangan generasi muda Indonesia, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial, oleh dan untuk masyarakat di daerahnya yang bergerak di bidang kesejahteraan sosial. Sebagai organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomi produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia di lingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada. 

Anggota karang taruna terdiri atas pemuda yang berusia 11 tahun sampai dengan 45 tahun. Pengurus karang taruna memiliki batasan usia 17 - 35 tahun.

Pengertian Karang Taruna menurut Para Ahli

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Karang taruna berasal dari kata dasar karang yang berarti tempat untuk menghimpun atau sebagainya. Taruna memiliki makna pemuda, sehingga dapat kita simpulkan bahwa karang taruna adalah tempat berkumpulnya para pemuda.

  1. Permensos RI tahun 2010 Pasal 1 Ayat 1

Karang taruna adalah organisasi sosial masyarakat yang dijadikan sebagai wadah dan salah satu sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar rasa tanggungjawab sosial yang berasal dari, oleh, dan untuk masyarakat itu sendiri terutama generasi muda.

Pergerakan pemuda untuk kesejahteraan sosial bagi masyarakat yang dapat berkontribusi paada lingkup desa atau kelurahan.

  1. Direktorat Bina Karang Taruna

Arti organisasi karang taruna adalah salah satu wadah perkumpulan di masyarakat yang berorientasi pada kegiatan sosial. Organisasi ini memiliki fungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam melaksanakan Usaha Kesejahteraan Sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x