Mohon tunggu...
Bagas Candrakanta
Bagas Candrakanta Mohon Tunggu...

SMI - Sopan Mengelaborasi Ide

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Karakter dan Karya Indonesia

1 November 2017   09:08 Diperbarui: 1 November 2017   09:24 848 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Karakter dan Karya Indonesia
tmcm.com

|Indonesia yang Berkarakter|

Tulisan ini merupakan sekuel-sekuel-an dari dua artikel saya sebelumnya, 1 dan 2. Sangat menyenangkan menulis tentang kreativitas, karena tidak jauh dari kehidupan saya, seorang pemuda generasi milenial yang masih penuh dengan rasa penasaran. Penulis percaya, Indonesia tidak kekurangan sumber daya manusia yang berimajinasi tinggi. Jika teman-teman Kompasiener memiliki kesempatan, mari melihat credit title di film animasi terkenal seperti Star Trek, Iron Man, dan Transformer.

Teman-teman pasti menemukan nama orang-orang Indonesia di bagian animator. Ini semakin menunjukan bahwa masalah kreativitas, Indonesia tidak akan kalah dengan Negara-Negara lain. Tetapi mengapa sampai sekarang hanya sedikit karya asli Indonesia yang mendunia? Dalam dua artikel sebelumnya, saya menulis beberapa faktornya. Pada kesempatan kali ini, penulis akan mencoba membedah sedikit lebih dalam salah satu faktornya, yaitu kurangnya karakter dalam diri Warga Negara Indonesia.

Menurut KBBI, pengertian karakter adalah tabiat; sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain. Pada artikel "Beda Indonesia dan Jepang dalam menikmati Karya", saya menceritakan bahwa karakter dari penduduk Jepang adalah SuperbInner Child. Setiap penduduk Jepang memiliki sifat kekanak-kanakan yang dibina dengan baik. Hal ini yang membedakan Jepang dengan yang lain. Hal ini juga yang mempengaruhi Jepang dalam berkarya. Dalam tulisan tersebut, saya juga mengatakan bahwa Indonesia lack of character. Intinya, karakter adalah pembeda. Lantas, apa yang membuat Indonesia beda? Apa yang membuat Indonesia unik? Apa karakter Indonesia?

|Keberagaman|

Salah satu karakter yang paling membuat Indonesia beda adalah keberagaman dalam tubuh bangsa. Banyak sekali perbedaan, mulai dari agama, budaya, suku, bahasa, sampai jenis mie instan. Banyaknya perbedaan  ini jarang dimiliki Negara lain. Ini aset yang perlu dibina. Selain melimpahnya perbedaan, ada satu kata lagi yang membuat Indonesia semakin spesial dan unik: Toleransi. Sudah berbeda, saling menghargai pula, inilah yang Negara luar akui tentang Indonesia, Bhineka Tunggal Ika.

Sudah menjadi rahasia umum kalau banyak Negara lain mengagumi perdamaian yang ada di Indonesia, padahal banyak perbedaan. Negara-negara di dunia juga mengakui, meskipun Indonesia merupakan Negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia, tetapi masih dilindunginya kebebasan menganut agama bagi setiap penduduk Indonesia. Darimana Indonesia dapat keberagaman ini? Dari sejarah. Sejarah Indonesia adalah beragam tapi bersatu.

|Friendly|

Karakter lain yang membuat Indonesia beda, adalah Indonesia sangat bersahabat alias friendly.Cathie Draine, dalam bukunya yang berjudul 'Culture Shock, a Guide to Customs and Etiquette: Indonesia', mengatakan seperti ini , "Indonesians are very polite and courteous. Politeness often calls for ambiguity. The Indonesian and Javanese languages are full of euphemisms and vagueness. The Javanese have the tendency to talk politely around a delicate subject and get to the point without talking directly about it".Indonesia keren, kan? Indonesia ini sungguh bersahabat. Bahkan sampai banyak cerita lucu (entah benar atau tidak), perampok saja bisa urung merampok hanya karena calon korban memiliki kesamaan suku atau bahasa dengan pelaku. Cukup sering saya melihat orang Indonesia membantu orang asing yang kebingungan masalah arah di Bus Transjakarta.

|Agama Nomor 1|

Hal lain yang membuat Indonesia unik adalah hampir seluruh penduduknya mempercayai agama dan aliran kepercayaan. Agama adalah hal yang paling penting di Indonesia. Kepercayaan dan kebergantungan akan agama sudah melekat di kehidupan sehari-hari. Sudah menjadi tradisi di Indonesia, jika ada musibah pasti keluar kata-kata, "ada hikmahnya" atau "Tuhan sedang menyiapkan yang lebih baik". Masyarakat Indonesia yang sedang mengalami masa-masa sulit, cenderung mencari kedamaian hati melalui berdoa menurut agamanya masing-masing. Indonesia juga memiliki tempat ibadah yang banyak dan bermacam-macam, seperti masjid, gereja, pura, vihara, dan kelenteng. Ingin mengetahui lebih banyak tentang agama Hindu? Kunjungi Bali. Tentang budaya  agama Buddha? Candi  Borobudur tempatnya. Keunikan ini sangat susah disaingi Negara lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x