Mohon tunggu...
Bagas antariksa
Bagas antariksa Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Tidak ada karya hebat, yang ada hanyalah karya ulang yang dibuat

Senang dengan fotografi, Writer & Designer

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Perkembangan Islam di Negara Komunis

30 Mei 2020   19:31 Diperbarui: 30 Mei 2020   19:31 275 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kita sepakat bahwa Islam menjadi agama terbesar di dunia. Perjuangan yang amat besar dilakukan oleh para Nabi, khafilah, hingga sahabat Nabi yang senantiasa syiar tauhid agama islam penuh kesabaran. Hilangnya Nabi akhir zaman menjadi tugas terberat umat islam dalam mempertahankan agama tauhid. Masih banyak para demonstran diluar sana yang menginginkan agama ini runtuh dan kacau balau.

Nabi Muhammad SAW menjadi utusan Allah yang terakhir di muka bumi. Tugas utamanya adalah untuk mengenalkan agama yang sebenar-benarnya.Tidak ada di dunia ini yang mampu menyamai pola kepemimpinan sang Rasul, sangat tepat jika beliau mengemban sifat siddiq, amanah, tabligh, fatonah. Tugas kita sebagai umatnya hanyalah mempertahankan amanah yang sudah diperjuangkan mereka semua.

Tidak semudah teori belaka, mempertahankan jauh lebih sulit daripada memperjuangkan. Terlebih pada Negara Komunis saat ini. Pada era Rasulullah SAW, permasalahan semacam ini sudah muncul hingga menjadi perdebatan antar para sahabat. Jauh sebelum islam berdiri, sudah muncul agama - agama lain seperti penyembahan satu tuhan hingga muncullah agama Nasrani.

Penyembahan satu tuhan sudah dipercaya pada era Nabi Ibrahim hingga Nabi Musa. Kala itu seluruh umatnya sudah meyakini bahwa Tuhan hanya satu dan termaktub pada kitab Taurat sebagai landasan utamanya. Barulah setelah itu, Nasrani muncul sebagai agama penyempurna dari ajaran sebelumnya yang dibawa oleh Nabi Isa AS.

Tugas dari setiap Nabi adalah untuk memberitahukan bahwa kelak akan ada utusan tuhan yang terakhir bernama Ahmad / Muhammad. Beliaulah utusan tuhan terakhir yang membawa perdamaian dunia hingga menyempurnakan agama - agama sebelumnya.
Kelahiran Nabi Muhammad sudah termaktub pada kitab Taurat maupun ajaran Nasrani

Hanya menunggu waktu saja kapan utusan Tuhan  terakhir ini lahir di muka bumi. Kelahiran sang Nabi juga diceritakan bahwa bumi akan menyambut dengan senang hati, nuansa alam indah yang berlangsung sesaat, ribuan bintang memancarkan cahaya seakan dekat dengan bumi, dan sebagainya.

Para tokoh agama tidak heran ketika Nabi Muhammad lahir, hanya menyaksikan keajaiban dunia mereka sudah beriman bahwa Rasul telah lahir. Mereka percaya pada kitab yang memjadi landasan utama mereka hidup. Itulah alasannya, mengapa di Negara Komunis Agama Islam sangat sulit berkembang.

Negara tersebut tidak memiliki acuan dasar dalam beragama sehingga meyakini bahwa semua agama adalah bohong. Beda halnya dengan perkembangan Islam di Eropa atupun Negara lain. Islam akan berkembang pesat karena mempunyai ajaran yang sama dengan islam.

Bersyukurnya kita sebagai umat islam mempunyai kitab Al-Qur'an dengan satu bahasa yaitu bahasa arab. Al-Qur'an dipertahankan dengan satu bahasa dengan tujuan untuk mempertahankan kepercayaan pada seluruh umat setelah Nabi wafat. Andai saja Al-Qur'an mempunyai bahasa lain selain Arab, besar kemungkinan Islam akan pecah belah layaknya agama lain.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan