Mohon tunggu...
Bagas Indra Para Wangsa
Bagas Indra Para Wangsa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Nama : Bagas Indra Para Wangsa Nim : 2012061066 Prodi : Ilmu Komunikasi Jurusan : Dharma Duta #penulisamatir#mahasiswa#ilkom

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Langkah Awal Menjadi Seorang Pemimpin dengan Berbekal Pembelajaran Konteks Manajemen Komunikasi

21 Januari 2022   23:34 Diperbarui: 22 Januari 2022   08:47 109 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pada dasarnya manajemen komunikasi adalah perpaduan antara konsep komunikasi dengan teori manajemen untuk diaplikasikan dalam berbagai latar tempat terjadinya suatu komunikasi. Sepengetahuan saya Manajemen komunikasi melibatkan suatu perencanaan sistematis, penerapan, pemantauan, dan evaluasi dalam suatu organisasi, hal ini juga mencakup teknologi komunikasi. (Michael Kaye, 1994) mengartikan manajemen komunikasi yakni bagaimana individu atau manusia mengelola proses komunikasi melalui penyusunan kerangka makna dalam hubungannya dengan orang lain dalam berbagai setting atau konteks komunikasi dengan mengoptimalisasi sumber daya komunikasi dan teknologi yang ada. Manajemen komunikasi akan membentuk suatu alur komunikasi agar tercipta koordinasi yang tidak saling tumpang tindih dan untuk memberikan solusi jika terjadi perbedaan pendapat antar individu.

Ada beberapa konteks yang dikategorikan ke dalam manajemen komunikasi yaitu konteks intrapersonal, konteks interpersonal, konteks organisasional, dan teknologi komunikasi. Dari keempat konteks ini dapat ditinjau bahwa melalui konteks ini akan dapat membentuk suatu pola komunikasi yang baik bagi seorang individu, yang berdasarkan etika dalam berkomunikasi sehingga nantinya setiap individu diharapkan dapat mempunyai bekal kecakapan dalam berkomunikasi dan paham betul akan perkembangan teknologi saat ini.

Dalam ranah konteks manajemen komunikasi kita mengenal adanya konteks intrapersonal yakni bagaimana kita melakukan komunikasi dengan diri kita sendiri, kita mencoba untuk memahami bagaimana karakteristik yang ada dalam diri kita, sehingga kita dapat lebih mengontrol diri kita sebelum melakukan komunikasi dengan orang lain dan menjalin hubungan interaksi dengan sesama. Selanjutnya dalam konteks manajemen komunikasi ada konteks interpersonal, disini kita sudah mulai melakukan komunikasi dengan orang lain dalam hubungan komunikasi ini ada berbagai aturan yang mengatur tata cara kita saat berkomunikasi yakni etika dalam berkomunikasi yang harus ditaati agar terjalin komunikasi yang efektif. Selanjutnya yaitu ada konteks organisasional, dalam konteks ini kita dikelompokkan dalam suatu organisasi tertentu yang terdiri dari berbagai orang yang mempunyai latar belakang yang beraneka macam, dalam konteks ini kita dituntut untuk dapat menjalin komunikasi lebih terorganisir karena kita harus dapat saling bekerja sama dalam sebuah tim. Yang selanjutnya yaitu konteks teknologi komunikasi, dalam hal ini kita tahu bahwa perkembangan teknologi sekarang ini sangat begitu pesat, sehingga melahirkan alat-alat yang canggih yang dapat memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaannya. Anggap mesin komputer yang sekarang ini di semua perusahaan sudah tentu menggunakan alat ini karena kegunaannya yang begitu kompleks sehingga alat ini dapat membantu manusia dalam melakukan suatu pekerjaan dengan mudah dan disisi lain pula dapat lebih mengefisiensi waktu dan juga tenaga.

Dari keempat konteks manajemen komunikasi ini sangatlah berkaitan satu dengan yang lain, tidak heran kalau seseorang dapat menguasai serta memahami keempat konteks ini dengan baik maka akan dapat memiliki kecakapan dalam berkomunikasi. Hal ini merupakan bentuk tujuan dari konteks manajemen komunikasi yakni mencetak seseorang yang cakap dalam berkomunikasi.

A.            KONTEKS INTRAPERSONAL

Komunikasi Intrapersonal
Komunikasi Intrapersonal

Komunikasi intrapersonal merupakan sebuah proses pertukaran dan transformasi pesan yang sangat unik karena dilakukan dari, untuk, dan oleh diri sendiri. komunikasi intrapersonal mengkonfirmasi sebuah pandangan bahwa langkah awal menuju komunikasi yang efektif dengan orang lain adalah suksesnya komunikasi dengan diri sendiri “the self”.

Konsep tentang self telah dirumuskan oleh beberapa ahli salah satunya adalah George Herbert Mead melalui teori interaksi simbolik. Dalam komunikasi intrapersonal, konsep self atau diri digunakan untuk menggambarkan siapa dan apa yang kita pikirkan tentang diri kita. Self atau diri memiliki dua dimensi yaitu dimensi internal dan dimensi sosial. Dimensi internal terdiri dari karakteristik kepribadian, sikap, nilai, kepercayaan, dan kebiasaan. Sedangkan Dimensi sosial terbentuk akibat adanya kontak dengan orang lain dan berfungsi sebagai panduan komunikasi yang kita lakukan.

B.            KONTEKS INTERPERSONAL

Komunikasi Interpersonal
Komunikasi Interpersonal

Komunikasi interpersonal adalah salah satu konteks komunikasi dimana setiap individu mengkomunikasikan perasaan, gagasan, emosi, serta informasi lainnya secara tatap muka kepada individu lainnya. Komunikasi interpersonal dapat dilakukan dalam bentuk verbal maupun nonverbal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan