Mohon tunggu...
Baerene Putri
Baerene Putri Mohon Tunggu... Freelancer - BRP

hobi menulis dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Pengalaman Terkena Usus Buntu dan Obat Pasca Operasi Usus Buntu

10 Mei 2019   14:30 Diperbarui: 23 April 2021   12:34 12146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pengalaman terkena usus buntuk dan melakukan operasi (Sumber : derek finch via unsplash.com)

Ini pengalaman pribadi saya saat terkena usus buntu dan sampai pemulihan setelah operasi usus buntu

Langsung Ke Cerita

Lebih tepatnya sih sudah 3 bulan yang lalu, tapi tetep masih saja teringat jadi saya sempatkan untuk berbagi cerita di forum ini. Awal mula kejadian saat menjelang pulang kerja di hari jumat jadi sekitar masih jam 11.15an. Saat kerja, gak tau kenapa tiba-tiba perut saya merasakan sakit. 

Paling saya pikir hanya maag biasa atau enggak asam lambung sedang naik daun. Tapi ternyata bukan dari kedua hal tersebut, melainkan karena efek gejala infeksi usus buntu (setelah periksa saya baru mengetahui ini). 

Waktu saya merasakan sakit di perut, saya tidak bisa bedain mana sakit akibat infeksi usus buntu atau karena sakit magh biasa atau juga asam lambung yang sedang naik. Jadi ya saya biarkan saja samapi rasa sakit itu bisa hilang sendiri atau tidak, rasa sakit awal-awal masih saya tolerin sampe saya pulang kerja hingga menuju kerumah. 

Tetapi, saat saya sampai dirumah dan selesai mandi. Ternyata rasa sakitnya tak kunjung menghilang malahan bertambah sakit. Saya lanjutkanlah untuk rebahan sambil oles-oles minyak kayu putih ke perut, siapa tau bakalan sembuh (perkiraan saya). 

Tetap saja rasa sakit tak kunjung hilang malah semakin bertambah sakit sampe keringat keluar sebiji-biji jagung, dan pertahanan saya runtuh sudah. 

Akhirnya saya memutuskan minta tolong ke mamah sama bapak untuk membantu saya menuju ke rumah sakit. Sempet kepikiran ini udah di ambang dibatas sakit dan sudah di akhir khayat (biasa kalo orang sakit pikiran nyleneh). Tapi memang asli ini perut rasanya sakit banget, sampe setengah badan bagian kanan tuh rasanya kebas.

Gejala yang saya alamin :

  1. Yang pertama dan sudah pasti ialah sakit perut pada bagian tengah di area pusar, terus menjalar ke arah perut bawah bagian kanan. Di titik kanan inilah yang sakitnya luar biasa  (tenyata ini tuh letaknya usus buntu berada gaes, saya tau ini pun saat sudah diperiksa)
  2. Yang ke-2 ini rasa sakit mulai merayap ke area punggung (sudah seperti terkena tamu bulanan, bagi pembaca perempuan pasti tau kan).
  3. Nah gegara masalah yang terakhir nih, sampai saya merelakan diri untuk kerumah sakit. Hingga keputusan terakhir di bawalah saya ke rumah sakit sama mamah dan bapak. Jadi titik gejala yang terakhir ini yang saya rasakan tidak hanya sakit di perut saja, melainkan kaki sebelah kanan tuh rasanya kebas (baut jalan perut terasa sakit, kalau jalan kakinya berasa mati sebelah). Jadilah harus di seret-seret kaki kanannya untuk jalan dan juga di bantu mapah sama mamah untuk menuju ke mobil.

Itu saja sih yang aku rasain, kata-kata sih kalau terkena radang usus buntu ada gejala yang sampe muntah-muntah, demam atau lainnya. Dan beruntungnya saya tidak mengalami hal seperti itu (katanya kalau sudah terkena gejala lanjutan bertanda usus buntu mulai akan pecah).

Di Rumah Sakit

Berakhirlah saya di rumah sakit. Saat sudah sampai di rumah sakit, tujuan utama pasti pendaftaran dan poli yang dituju. Saat ini pikiranku dan mamah hanya tertuju ke poli kandungan. Kenapa memilih poli kandungan? 

Mungkin karena saya perempuan, jadi pemikiran udah kenapa-napa pada rahim, apalagi berurusan dengan masalah bagian perut gitu. Sebagai perempuan yangmembaca ini pasti mengetahui tentang riwayat sakit perut. (saat ini aku masih belum mengetahui kalau terkena usus buntu, jadi di putuskan untuk ke poli kandungan).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun