Mohon tunggu...
ayub badrin
ayub badrin Mohon Tunggu... Ayub Badrin seorang jurnalis

Selain menggeluti dunia Teater saya juga aktif di media masa lokal.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Ngoprek MCV Hadirkan 3 Tokoh Teater Muda

3 Juli 2020   09:49 Diperbarui: 3 Juli 2020   10:01 9 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ngoprek MCV Hadirkan 3 Tokoh Teater Muda
img-20200701-wa0021-5efea0d5097f361ea644fc43.jpg


Solo, Padang dan Jakarta

Meditasi Corona Virus (MCV) kembali menggelar Ngobrol Pengkarya (Ngoprek), Jumat (3/7). Ngoprek kali ini akan membicarakan tentang teater dengan tema "Membaca Ruang di Era New Normal."

Tiga tokoh teater yakni,  S Meteon Masdison (pembicara),  Turah Hananto (pembicara)  dan Roy Julian (pemantik).

Roy Julian di Medan mengatakan ngobrol ini nantinya akan mendiskusakan masalah seputar keberadaan teater di era new normal ini.

"Sebab Turah kan pemecah telur pertama tu untuk pergelaran teater di masa new normal ini.  Kita tau sudah tiga bulan lebih,  semua kegiatan dihentikan, " kata Roy Julian penggiat teater, Kamis (2/7) di Medan.

New Normal,  kata Roy,  telah menggeser perspektif kita tentang ruang pertunjukan pada masa pendemi ini.  "Bagaimanakah pembacaan ruang mempengaruhi strategi pertunjukan?  Seperti apakah kemungkinan-kemungkinan artistik yang bisa dimunculkan dalam situasi normal baru ini? " ujar seniman dari Kantor Teater ini.

Sementara Itu Agus Susilo mengatakan,  dirinya mencoba menawarkan kemungkinan-kemungkinan yang masih bisa menjadi peluang teater di masa masa sekarang ini.  Apakah teater masih mampu bergerak di panggung atau akan terus bergerak di kaca virtual.

"Dialog ini mencoba untuk melihat dan memahami ruang dalam sudut pandang yang lebih terbuka sebagai upaya untuk menjajaki perluasan kreatif yang bisa dihasilkan olehnya, " kata Agus.

Ngoprek merupakan salah satu acara inti dari MCV selain Sabtu Tematik dan Campur Sari yang ditayangkan setiap minggu di hari Jumat, Sabtu dan Minggu pukul 20.00 Wib. "Tetapi untuk Ngoprek, ditambah jam tayangnya sore pukul 4 dan bisa disaksikan di istagram MCV, " terang Agus.

Ditambahkannya,  S Metron Masdison adalah penggiat teater dari Padang,  Turah Hananto penggiat teater Solo dan Roy Julian sebagai pemantik penggiat teater yang sudah malabg melintang di dunia teater Jakarta.  

Sementara itu juga dijelaskan,   Devie Matahari sebagai Pengangung Jawab kegiatan Ngoprek dan Pertunjukan Seni Tematik sedangkan Zulfikar Kirbi sebagai Penanggung Jawab kegiatan Pertunjukan Seni Campur Sari.

Devie Matahari mengatakan ada perubahan jadwal tayang.  Jika selama ini mencapai 3 hari maka mulai Juli, hanya dua gari daja.

"Ngoprek, Pertunjukan Seni Tematik dan Pertunjukan Seni Campur Sari digelar Jumat dan Sabtu. Tapi yang di instagram tidak nerubah, " tandasnya.



VIDEO PILIHAN