Mohon tunggu...
Badiyo
Badiyo Mohon Tunggu... Jurnalis - Blogger, Content Creator

Seneng baca dan suka menulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Don Tapscott: Generasi Apakah Anda: X, Y atau Z?

13 November 2015   09:59 Diperbarui: 4 April 2017   17:14 5158
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Akhir-akhir ini kita sering mendengar atau membaca berita tentang Gen X, Gen Y dan seterusnya. Hari Senin (9/11/2015), saya membaca sebuah artikel berita di halaman 2 harian Kompas dengan judul  “Demokrasi Digital. Demi Gen X,  Y dan Z.   Sebenarnya artikel berita tersebut memberitakan tentang persiapan KPU dalam menghadapi Pilkada serentak Desember 2015. Namun saya lebih tertarik pada bahasan pengelompokan generasi yang meliputi Gen X Gen Y hingga Gen Z.

Menurut artikel berita tersebut pengelompokan generasi tersebut dimulai dari generasi Baby Boomers yang lahir dari kurun waktu tahun 1946 – 1964. Baby Boomers mengacu pada terjadinya ledakan penduduk paska perang dunia ke-2.

Berikutnya adalah Generasi X atau disingkat Gen X yaitu mereka yang lahir pada kurun waktu tahun 1965 – 1979. Menurut artikel tersebut, Generasi X terkenal dengn budaya subkulturnya. Tidak dijelaskan apa maksud budaya subkultur itu.

Kemudian Generasi Y atau Gen Y yang lahir pada kurun waktu tahun 1980 – 2000. Mereka adalah pengguna teknologi digital.

Dan yang terakhir adalah Generasi Z atau Gen Z adalah mereka yang lahir setelah abad milenium atau tahun 2001 hingga seterusnya.

Setelah membaca artikel berita di harian Kompas (9/11/2015) tersebut saya semakin penasaran dan ingin tahu lebih banyak dan lengkap tentang pengelompokan generasi tersebut.  Pertanyaan pertama saya adalah siapa sebenarnya orang yang mengelompokkan generasi menjadi Gen X, Y dan Z?

Pertanyaan itu mengajak saya untuk browsing untuk mencari jawaban. Ada berapa link yang ditampilka google. Saya harus membuka hampir semua link yang ditampilkan google karena sebagian besar belum bisa menjawab pertanyaan saya. Dari sekian link yang saya buka, ada dua yang sedikit bisa mengobati dahaga keingintahuan saya.

Pertama adalah intisari dot com (mohon maaf kalau salah dan tidak mencantumkan link-nya. Sebenarnya artikel ini membahas ciri-ciri atau karakter dari masing-masing generasi tersebut dalam dunia kerja. Pengelompokan generasi yang ditulis intisari dot com ini adalah sebagai berikut:

  1. Generasi Veteran (lahir 1922 – 1945)
  2. Generasi Baby Boomers (lahir 1946 – 1964)
  3. Generasi X (lahir 1965–1980)
  4. Generasi Y (lahir 1981 – 2000)

Di sini ada beberapa perbedaan dengan artikel yang saya baca di Kompas. Pertama, di sini ada atau dimasukan generasi Veteran yang lahir taun 1922 - 1945. Kedua, pada harian Kompas, Gen X lahir dari tahun 1965 – 1979, sementar di intisari dot com, Gen X lahir dari tahun 1965 – 1980. Ketiga, intiari belum memasukan Gen Z. Meskipun ini tidak terlalu prinsip karena generasi yang lahir setelah taun 2000 otomatis sebagai Gen Z.

Link kedua adalah sebuah blog yang sepertinya orang Malaysia bernama Khairul Abdullah. Saya lupa judul tulisan yang saya baca. Namun yang jelas tulisan tersebut mengulas tentang pengelompokan generasi. Khairul Abdullah menulis bahwa pengelompokan generasi X, Y dan Z mengacu pada buku Grown Up Digital yang ditulis oleh Don Tapscott. Pengelompokannya adalah sebagai berikut:

  1. Pre Baby Boom (lahir pada 1945 dan sebelumnya)
  2. The Baby Boom (lahir antara 1946 – 1964)
  3. The Baby Bust (lahir antara 1965 – 1976) – Generasi X
  4. The Echo of the Baby Boom (lahir antara 1977 – 1997) – Generasi Y
  5. Generation Net (lahir antara 1998 hingga kini) – Generasi Z
  6. Generation Alpha (lahir pada 2010) – Generasi A

Di sini kembali ada sedikit perbedaan. Gen X atau yang oleh Don Tapscott disebut juga Baby Bust, lahir pada kurun waktu tahun 1965 - 1976. Hal ini tentu berefek pada perbedaan generas berikutnya yakni Gen Y dan setersnya. Kalau boleh bilang, sampai tahap ini sebenarnya saya jadi semakin bingung. Namun untuk sementara kebingungan saya disimpan dulu untuk kemudian mencari pencerahan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun