Mohon tunggu...
Baban Sarbana
Baban Sarbana Mohon Tunggu... Social Entrepreneur

Penulis Buku "Tapak Tilas Jejak Obama", Serial Cerita Bernilai, dan Penggagas www.YatimOnline.com. www.kampungzimba.com. Personal Website: www.babansarbana.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Yatim Online

7 Februari 2011   15:43 Diperbarui: 26 Juni 2015   08:49 191 1 1 Mohon Tunggu...

KEUTAMAAN

Rasulullah saw bersabda,

·"Seorang muslim adalah saudara bagi muslim lainnya. Dia tidak menzaliminya dan menelantarkannya. Barangsiapa mengurusi hajat saudaranya, Allah akan mengurusi hajatnya. Barangsiapa menghilangkan satu kesusahan dari seorang muslim, Allah akan menghilangkan darinya satu kesusahan di antara kesusahan-kesusahan Hari Kiamat. Dan barangsiapa menutupi (aib) seorang muslim, Allah akan menutupi (aib)nya pada Hari Kiamat." (HR Bukhari dan Muslim)

·"Apabila manusia meninggal dunia, terputuslah amalnya, kecuali tiga perkara, yaitu (1) sedekah jariyah, (2) ilmu yang bermanfaat, (3) dan anak saleh yang mendoakannya." (HR Muslim).

VISI, MISI, SLOGAN

VISI : Membangun Yatim Kompeten:Pintar, Cerdas, Kreatif dan Inovatif

MISI : Mengembangkan sumber daya manusia, khususnya generasi muda, melalui pendekatan ilmiah, aktual, dan populer, dalam rangka membentuk kepribadian diri yang berwawasan spiritual, prestatif, menguasai life skill, dan memiliki semangat beramal sholeh.

SLOGAN: Hidup Lebih Berkah dengan Membina Anak yang Diberkahi

BAGAIMANA PONDOK YATIM MENULIS TERBENTUK?

Pondok Yatim Menulis adalah sebuah ikhtiar yang dilakukan oleh Baban Sarbana yang juga pendiri Yayasan Ilmu Berguna, yang telah berdiri sejak 2003 dan konsern dengan program pelatihan dalam kerangka Belajar untuk Menjadi Lebih Dewasa. Berlokasi di kaki Gunung Salak, dengan alamat Situ Taman, Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor-Jawa Barat, Pondok Yatim Menulis didirikan sejak Februari 2010, sebagai sarana komplemen dari pendidikan formal.

Dengan area seluas 500 m2, dan hamparan danau seluas 1.5 hektar; Pondok Yatim Menulis melakukan kegiatan usai jam sekolah dan melibatkan anak yatim dan dhuafa di wilayah Desa Tamansari dan sekitarnya. Saat ini, Pondok Yatim Menulis beranggotakan 63 orang dengan rentang usia 2—20 tahun; dan terbanyak berada di bangku SMP.

Saat ini, dengan keterbatasan bangunan fisik, Pondok Yatim Menulis bukanlah tempat tinggal bagi anak yatim, akan tetapi merupakan pusat kegiatan anak yatim yang kegiatannya dilakukan mingguan.

APA KONSEP KEGIATAN PONDOK YATIM MENULIS?

Konsep kegiatannya bermuara pada 4 hal, yaitu; PINTAR, CERDAS, KREATIF, INOVATIF.

1.Pintar terkait dengan pendidikan formal, bagaimana anak yatim bisa menuntaskan pendidikan dengan baik; hingga setinggi-tingginya.

2.Cerdas terkait dengan kemampuan untuk menguasai kosa kata emosi dan spiritual; orang yang cerdas adalah anak yang bisa mengenal emosi, spiritual dan menyikapi apa yang dirasakannya dengan baik untuk membina hubungan yang harmonis secara horizontal maupun vertical.

3.Kreatif terkait dengan kemampuan berpikir untuk ‘out of the box’; keluar dari pemikiran konvensional dan melihat hal yang sama dengan pemikiran yang berbeda. Kreativitas terukur dari seberapa banyak perbedaan yang bisa dilakukan.

4.Inovatif adalah kemampuan melakukan komersialisasi dari kreativitas. Ini memungkinkan bagi anak yatim untuk bisa mandiri secara finansial.

Kenapa ada kata MENULIS pada PONDOK YATIM MENULIS?

MENULIS menjadi kemampuan dasar yang akan diberikan kepada anggota PONDOK YATIM MENULIS. Karena menulis adalah keterampilan hidup yang bisa membantu seseorang untuk mandiri, baik dari sisi pemikiran maupun kehidupan secara umum. Menulis pun kini terkait dengan penguasaan teknologi; oleh karena itulah diadakan program utama YATIM ON-LINE.

Mengapa YATIM ON-LINE? Karena dunia on-line adalah jendela baru bagi ilmu pengetahuan. Dahulu, buku yang menjadi jendela dunia, dan kini internet, sebagai wahana dunia online, menjadi jendela baru ilmu pengetahuan. Oleh karena itulah, maka YATIM ONLINE menjadi pilihan untuk mengakselerasi anak yatim dalam menguasai ilmu pengetahuan dan membangun kemandirian.

MENGAPA HARUS YATIM ON-LINE?

Apa yang dilakukan anak yatim dengan online?

Mereka belajar untuk nge-blog, mengelola www.pondokyatimmenulis.com dan www.yatim.tv dan menjual produk kreativitas dan inovasi-nya dengan cara online. Mereka mendokumentasikan seluruh aktivitas kegiatannya secara online dan berkomunikasi dengan dunia secara online.

Yatim On-line memungkinkan anak yatim distimulus dengan berbagai kegiatan yang dapat memberikan experiental learning, dan mencerna pengalaman itu untuk dijadikan lifeskill. Oleh karena itulah, berbagai kegiatan dilakukan sesuai dengan rentang usia mereka.

APA SAJA YANG SUDAH DILAKUKAN PONDOK YATIM MENULIS?

Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Pondok Yatim Menulis adalah:

-Belajar fotografi bersama Komunitas Fotografi Bogor

-Belajar Nge-Blog bersama Blogger Bogor

-Pembuatan website www.pondokyatimmenulis.com dan www.yatim.tv

-Partisipasi di acara Cerdas Indonesiaku bersama Badan Amil Zakat Nasional

-Kunjungan ke Mesjid Istiqlal, Jakarta

-Belajar Recycle Percussion, perkusi barang bekas dengan mentor guru dari Sekolah Alam Semesta

-Bersih-bersih danau (rutin)

-Game Outbound low impact

-Pelatihan Keterampilan Belajar

-Pelatihan Menulis

-Liputan profil pendiri oleh RCTI dalam rangka seleksi untuk mendapatkan Golden Ticket to USA dari Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Ragam kegiatan tak menjadi masalah, karena semua kegiatan tersebut mengendap sebagai pengalaman yang akan dicerna sebagai bekal hidup.

SIAPA PENGELOLA PONDOK YATIM MENULIS?

Pendiri: Baban Sarbana

Pengurus: Ratna Anggraeny, Meydi Muldani, Denny Ch. Pratama, Fajar Suyamto, Irvan Setya Aji






KONTAK

YAYASAN PUSAT PEMBELAJARAN ILMU BERGUNA (ILNA)

Alamat Kantor Yayasan:

Jl. Dewi Ambika 23 Perum Indraprasta I. Bogor 16153. Telp/Fax: 0251-8348387

Alamat Pondok Yatim Menulis:

Setu Tamansari, Desa Tamansari, RT 04/05. Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor

WEBSITE:

www.yatim.tv

blog: www.pondokyatimmenulis.com



www.twitter.com/yatimonline

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x