Mohon tunggu...
Oky Hanafi Syarif
Oky Hanafi Syarif Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa UNS

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Mahasiswa KKN Mandiri Bantu Warga Boyolali Menjadi Lebih Sehat Pasca Covid-19

7 Juli 2020   17:11 Diperbarui: 19 Juli 2020   18:40 8 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Mandiri Bantu Warga Boyolali Menjadi Lebih Sehat Pasca Covid-19
Penyebaran Poster ke Media Sosial Facebook (Dok. Mahasiswa)

Akhir-akhir ini berbagai negara di dunia, tengah dikejutkan dengan wabah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus bernama corona atau lebih dikenal dengan istilah covid-19 (Corona Virus Diseases-19).

Akibat dari pandemi covid-19 ini, menyebabkan diterapkannya berbagai kebijakan untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 di Indonesia. Pemerintah menerapkan kebijakan yaitu Work From Home (WFH). Kebijakan ini merupakan upaya yang diterapkan kepada masyarakat agar dapat menyelesaikan segala pekerjaan di rumah. 

Pendidikan di Indonesia pun menjadi salah satu bidang yang terdampak akibat adanya pandemi covid-19 tersebut. Dengan adanya pembatasan interaksi, Kementerian Pendidikan di Indonesia juga mengeluarkan kebijakan yaitu dengan meliburkan sekolah dan mengganti proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan menggunakan sistem dalam jaringan (daring) atau Study From Home (SFH). Tetapi, sekarang diberlakukan New Normal. Masyarakat boleh keluar rumah tetapi harus mengikuti protocol kesehatan.

Menanggapi fenomena yang terjadi di masyarakat, Universitas Sebelas Maret Surakarta menerjunkan mahasiswanya semester 6 untuk melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada masa pandemic COVID-19 di daerah tempat tinggal masing-masing.

Oky Hanafi Syarif merupakan mahasiswa KKN COVID-19 UNS yang melaksanakan KKN di daerah tempat tinggalnya di daerah Boyolali. Salah satu program kerja yang dilakukannya adalah sosialisasi kepada masyarakat dan media sosial mengenai bahaya COVID-19, tentang pentingnya physical distancing, dan pentingnya penerapan perilaku hidup bersih dan sehat.

Program kerja ini ditindak lanjuti dengan pembuatan poster melalui canva dan di upload ke media social Facebook. Selain itu mahasiswa tersebut juga menempel poster yang sudah di print dan di tempel di tempat yang ramai sehingga dapat dibaca oleh warga sekitar. Selain itu mahasiswa tersebut juga membagikan hand sanitizer di tempat yang ramai oleh warga guna untuk membantu mencegah penluran virus COVID-19 tersebut.

Penempelan Poster di Tempat Ramai (Dok. Mahasiswa)
Penempelan Poster di Tempat Ramai (Dok. Mahasiswa)
Kemudian Mahasiswa juga ikut serta dalam penyemprotan disenfektan yang diadakan oleh DAMKAR Boyolali yang dikoordinasi oleh Dinas Kesehatan Boyolali sebagai gerakan bersih lingkungan dengan cara menyemprotkan disenfektan di daerah boyolali.

Dok. Mahasiswa
Dok. Mahasiswa
Oky Hanafi Syarif/ K2217063

(Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Suryadi Budi Utomo, S.Si.)

VIDEO PILIHAN