Kesehatan

Hidup Sehat Itu Mudah

12 Juli 2018   16:11 Diperbarui: 13 Juli 2018   14:38 298 0 0
Hidup Sehat Itu Mudah
cantikitu.com

Kesehatan adalah harta yang tak ternilai harganya. Oleh karena itu untuk tetap sehat orang rela melakukan apa saja. Segala cara yang dilakukan baik yang bernilai medis maupun non medis, dari yang logis hingga yang bernuansa super natural adalah beragam usaha yang dilakukan oleh banyak orang dari berbagai kalangan untuk senantiasa sehat atau mendapatkan kembali kesehatannya.

Tak jarang cara yang dilakukan menghabiskan banyak biaya dan bahkan juga tak jarang menabrak aneka norma dan logika. Tetapi sebenarnya menjaga diri untuk tetap sehat tidaklah sulit, bahkan kadangkala tidak memerlukan biaya sama sekali. Tetapi tentunya butuh ekstra kesabaran dan ketelatenan yang hanya sedikit orang bisa untuk tetap konsisten menjalani. Berikut 15 cara hidup sehat yang dapat dijadikan rujukan untuk tetap sehat dan senantiasa bahagia dalam menjalani hidup.

1. Perbanyak konsumsi air putih

Tahukah anda bahwa sebagian besar dari kita sebenarnya seringkali kurang minum cukup air setiap hari ? Ini tentu hal yang tidak baik sebab seperti kita ketahui air sangat penting bagi tubuh kita. Kita kehilangan air setiap hari melalui urine, buang air besar, keringat dan pernapasan sehingga kita perlu mengisi asupan air kita. Sebuah penelitian menunjukkan jumlah air yang kita butuhkan adalah tergantung pada berbagai faktor.

jawapos.com
jawapos.com
Seperti kondisi iklim dan cuaca, aktivitas fisik yang kita lakukan, dan berat badan, tetapi umumnya kita perlu 2,7-3,7 liter asupan air. Jika muncul tanda-tanda seperti urine berwarna atau agak kuning, bibir kering, mulut kering dan sedikit buang air kecil. Segeralah minum air karena itu tanda-tanda yang muncul karena tubuh mulai kekurangan cairan.

2. Tidur dan beristirahatlah yang cukup

Tidur dan istirahat yang cukup adalah salah satu kunci dari kebiasaan hidup yang sehat. Ini sangat beralasan sebab tubuh sangat membutuhkan istirahat untuk dapat beraktifitas kembali dengan maksimal. Tetapi bila tidak beristirahat dengan baik, anda bisa mengkompensasi dengan makan lebih banyak, tetapi ini sangat tidak direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. Cukup istirahat dan tidur juga mencegah penuaan dini.

3. Meditasi

Meditasi menenangkan pikiran dan menenangkan jiwa. Ketenangan sendiri sangat bermanfaat untuk kesehatan karena dapat menjauhkan kita dari stress yang menjadi sumber dari banyak penyakit dan gangguan kesehatan.

4. Berolahraga Teratur

Penelitian telah menunjukkan bahwa berolahraga setiap hari membawa manfaat luar biasa bagi kesehatan kita, termasuk peningkatan rentang hidup, menurunkan risiko penyakit, kepadatan tulang yang lebih tinggi dan penurunan berat badan. Jika tidak punya waktu untuk berolahraga atau pergi ke pusat kebugaran, berjalan kaki atau aktifitas sehari-hari seperti memilih untuk naik tangga dan buka lift akan menjadi aktifitas pengganti olahraga yang mudah dan murah.

programfitnes.com
programfitnes.com

5. Makan lebih banyak buah

Makanlah lebih banyak buah dan kurangi vitamin sintetis. Ada banyak jenis buah yang dapat dikonsumsi yang selain menyehatkan juga rasanya dijamin enak.

6. Makan lebih banyak sayuran

Seperti halnya buah-buahan, sayuran penting untuk kesehatan kita. Para ahli menyarankan bahwa kita setidaknya harus mengkonsumsi 5-9 porsi buah-buahan / sayuran, setiap harinya. Kabar buruknya adalah kebanyakan orang kurang menyenangi untuk mengkonsumsi sayuran, ini tentu adalah hal yang tidak baik untuk kesehatan kita.

7. Pilih makanan berwarna cerah sebagai antioksidan

Buah-buahan dan sayuran dengan warna-warna cerah biasanya tinggi dalam anti-oksidan. Anti-oksidan sangat diperlukan oleh tubuh karena mereka menghilangkan dan menangkal radikal bebas dalam tubuh kita yang bisa merusak sel-sel tubuh kita.

Jadi mungkin Anda perlu untuk mulai mengkonsumsi sayur dan buah dengan warna-warna yang berbeda, seperti misalnya; putih (Pisang, jamur), Kuning (Nanas, Mangga), Oranye (Jeruk, Pepaya), Merah (Apel, Stroberi, Tomat, Semangka), Hijau (Jambu, Alpukat, mentimun, Selada, Seledri), Ungu/Biru (Buah Berry, Terong, Buah Plum). Diet Warna ini juga baik menjaga diet yang menyehatkan serta membentuk tubuh ideal

8. Kurangi makanan olahan dan makanan dalam kaleng

Makanan olahan atau kalengan sebaiknya dihindari karena berbagai alasan seperti misalnya; nilai gizi yang sering tidak sempurna, adanya pengawet yang ditambahkan yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan, jika dikonsumsi terus menerus dan dalam jangka waktu panjang. Bahkan juga penambahan garam yang harus dipertimbangkan sebelum mengkonsumsi makanan olahan atau kalengan terlalu sering.

9. Jauhi orang-orang dengan pola pikir negatif

Sikap mental yang positif merupakan bagian penting dari hidup sehat. Ini tentu menjadikan Anda tidak perlu untuk mendekati orang-orang berpikiran negatif yang akan meracuni pikiran dengan segala pemikiran yang dapat menyebabkan stres yang berdampak buruk untuk kesehatan.

10. Kenali makanan pemicu, kendalikan asupan gula dan garam

Mengkonsumsi gula dan garam berlebihan dapat menggangu kesehatan, meski demikian tetap diperlukan konsumsi gula dan garam dalam kadar yang tepat.

11. Karbohidrat coklat vs karbohidrat putih

health.kompas.com
health.kompas.com
Mengganti nasi putih dengan beras merah atau beras dengan kulit ari yang masih tersisa, roti putih dengan roti gandum utuh adalah sebuah kebiasaan yang baik bagi kesehatan.

12. Jangan minum alkohol, kurangi konsumsi soda dan kafein

Seperti kafein, alkohol adalah diuretik, dan tidak hanya itu, alkohol berulang kali terbukti memiliki efek negatif pada tubuh dan kesehatan kita -- seperti mempengaruhi berfungsinya otak, hati, paru-paru, dan organ utama yang lain. Jika anda minum alkohol secara teratur, saatnya untuk hentikan itu.

Sifatnya yang diuretik yang berarti dapat mempercepat laju produksi urin, tentu akan mengurangi asupan air dalam tubuh. Sebaiknya ganti kafein atau alkohol dengan jus buah bebas gula yang lebih mengandung air dan lebih enak tentunya.

13. Berhenti merokok

jawapos.com
jawapos.com
Telah banyak terbukti bahwa merokok merugikan kesehatan, mulai dari risiko kanker paru paru hingga kanker mulut. Pastinya sudah tidak ada hubungannya antara rokok dan kejantanan sebab merokok terbukti menghilangkan kejantanan itu sendiri. Jadi berhenti merokok sekarang.

14. Hindari perokok

Bagi yang tidak merokok jangan sampai kesehatan anda dipertaruhkan jauhi para perokok sekarang, dan bagi para perokok bersiaplah untuk tidak memiliki teman. Sebab keduanya terbukti merusak kesehatan.

15. Pilihlah camilan sehat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2