Mohon tunggu...
Muhammad Azzam Ramadhan
Muhammad Azzam Ramadhan Mohon Tunggu... Pelajar

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Media

YouTube Mulai Menggantikan Televisi, Kenapa Bisa?

29 Agustus 2019   12:21 Diperbarui: 29 Agustus 2019   12:38 544 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
YouTube Mulai Menggantikan Televisi, Kenapa Bisa?
youtube.com

Mendengar kata YouTube, hampir semua kalangan mengetahuinya. Dari mulai balita, remaja, para orang tua, bahkan lansia yang masih menggunakan internet pun banyak mengetahui tentang-nya.

Tak jarang orang kebingungan dengan yang sekarang sedang trending di semua kalangan ini. Mungkin, ada saja yang tidak mengetahuinya, tapi kebanyakan yaaa orang tua jaman lama,hehe. Karena mereka masih menjamani radio dan televisi pada masa itu sebagai sumber informasi dan lain-lain.

Berbicara tentang YouTube sendiri, peningkatan penggunanya selalu meningakat setiap bulannya, bahkan setiap harinya pun selalu ada peningkatan di seluruh dunia.

Dengan lebih dari satu Miliar pengguna per bulan di seluruh dunia, hampir sepertiga dari jumlah  pengguna internet secara keseluruhan. YouTube merupakan salah satu platform online paling popular saat ini. Popularitasnya diproyeksikan akan terus meningkat seiring dengan jumlah pengguna. Bahkan, Lembaga riset pasar Statista memprediksi bahwa jumlah pengguna akan mencapai angka 1,8 miliar orang pada tahun 2021 nanti.

Popularitas tinggi tersebut dilatarbelakangi oleh meningkatnya nilai guna platform berbagai video tersebut terhadap pengguna internet. Mengunjungi YouTube bukan hanya untuk mencari hiburan, tetapi lebih dari itu. Google mengatakan bahwa 57% pengguna YouTube mencari hiburan, serta 86% untuk mengunjungi konten-konten lainnya untuk mendapatkan informasi.

Pengguna internet mengunjungi YouTube bukan hanya sekedar untuk hiburan, tetapi untuk belajar, situs-situs media informasi semuanya lengkap ada di YouTube. Momentum tersebut juga dapat dirasakan di Indonesia. Pada tanggal 9 Mei 2018, Google mewakili YouTube menyampaikan hasil riset yang dilaksanakan Bersama kantar TNS.

Riset tersebut mempelajari penggunaan YouTube di Indonesia. Google menyampaikan berbagai informasi mengenai peningkatan popularitas, perbadaan pasar urban dan rural, hingga jenis konten yang diminati warganet Indonesia.

YOUTUBE MULAI MENGGANTIKAN TELEVISI

Peran YouTube di Indonesia sebagai sarana publikasi konten video terus meningkat. Jumlah jam konten yang diunggah dari Indonesia meningkat lebih dari dua kali lipat dari tahun ke tahun.

Menurut hasil riset, 92% pengguna Indonesia menyatakan YouTube adalah tujuan pertama mereka ketika mencari konten video. Secara umum, pengguna Indonesia berpendapat bahwa YouTube memudahkan mereka dalam mencari konten menarik dengan topik yang beragam. Karena kini YouTube telah menjadi sumber apa yang orang inginkan. 

Dari mulai hiburan, tutorial segala macam, edukasi, informasi terkini, bahkan yang sedang berlangsung siar di televisi pun ada semua di YouTube. Maka dari itu tak asing lagi bila orang beralih dari televisi ke YouTube. Kebanyakan beralasan bahwa mungkin YouTube adanya di handphone yang ukurannya lebih kecil dan mampu di bawa kemanapun mereka pergi, di YouTube acara-acara tv yang telah berlalu akan tetap ada meski kita telah ketinggalan jam tayang nya, dan lain sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x