Mohon tunggu...
Azzahra Keisha
Azzahra Keisha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya

Saya memiliki hobi menulis.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Dosen terhadap Tekanan Mental Mahasiswa yang Menyusun Skripsi Menurut Teori Vygotsky

7 Juni 2023   13:22 Diperbarui: 7 Juni 2023   16:09 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Abstrak
Dalam teori sosiokonstruktivis Vygotsky, peran dosen diakui sebagai elemen kunci dalam membantu mahasiswa menghadapi tekanan mental yang muncul saat mereka menyusun skripsi. Dalam konteks penyusunan skripsi, dosen dapat memberikan bimbingan yang akademik dan praktis kepada mahasiswa. 

Dosen harus menjadi contoh yang baik bagi mahasiswa dalam menunjukkan sikap dan perilaku yang positif terkait dengan penyusunan skripsi. Dosen yang menunjukkan dedikasi, kerja keras, ketekunan, dan keterbukaan terhadap ide-ide baru akan memberikan inspirasi kepada mahasiswa. 

Analisis menurut teori sosiokonstruktivis vygotsky memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan kepercayaan diri, mengelola tekanan mental, dan memperoleh pengalaman pembelajaran yang berharga dalam proses penyusunan skripsi.
Kata kunci : Sosiokonstruktivis Vygotsky; Dosen; Mahasiswa; Skripsi

Pendahuluan
Dalam teori sosiokonstruktivis Vygotsky, peran dosen diakui sebagai elemen kunci dalam membantu mahasiswa menghadapi tekanan mental yang muncul saat mereka menyusun skripsi. Teori ini menekankan bahwa pembelajaran bukan hanya tentang individu yang belajar sendiri, melainkan melibatkan interaksi sosial dan kolaborasi dengan orang lain, termasuk dosen. Sebagai mediator atau fasilitator, dosen memiliki tanggung jawab untuk membimbing mahasiswa dalam proses pembelajaran.

Latar Belakang
Dalam konteks penyusunan skripsi, dosen dapat memberikan bimbingan yang akademik dan praktis kepada mahasiswa. Mereka membantu mahasiswa merencanakan langkah-langkah yang diperlukan, mengorganisir penelitian, dan menyelesaikan skripsi dengan sukses. Selain itu, dosen juga harus memberikan dukungan emosional dan motivasional agar mahasiswa tetap termotivasi dan percaya diri dalam menghadapi tekanan yang timbul.

Salah satu cara efektif di mana dosen dapat membantu mahasiswa adalah melalui kolaborasi dan diskusi. Dosen dapat mendorong mahasiswa untuk berinteraksi dengan rekan-rekan sejawat mereka yang sedang menyusun skripsi. Dalam kelompok bimbingan, dosen dapat menciptakan lingkungan yang memfasilitasi diskusi dan berbagi ide antara mahasiswa. 

Melalui interaksi ini, mahasiswa dapat memperoleh perspektif yang beragam dan pendekatan yang berbeda dalam menghadapi tantangan yang mereka hadapi dalam penyusunan skripsi. Selain itu, pemberian umpan balik yang konstruktif juga merupakan bagian penting dari peran dosen. Dosen harus memberikan penilaian yang jujur dan membantu mahasiswa memperbaiki kelemahan mereka. 

Umpan balik ini membantu mahasiswa dalam mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dalam penelitian mereka dan mengarahkan mereka ke arah yang tepat. Dosen juga harus memberikan dorongan dan pengakuan atas upaya yang telah dilakukan oleh mahasiswa. Penghargaan dan pujian yang diberikan oleh dosen dapat menjadi sumber motivasi yang penting bagi mahasiswa.

Pembahasan
Dalam hal ini, model peran yang ditunjukkan oleh dosen sangat penting. Dosen harus menjadi contoh yang baik bagi mahasiswa dalam menunjukkan sikap dan perilaku yang positif terkait dengan penyusunan skripsi. Dosen yang menunjukkan dedikasi, kerja keras, ketekunan, dan keterbukaan terhadap ide-ide baru akan memberikan inspirasi kepada mahasiswa. 

Mahasiswa akan terinspirasi untuk menghadapi tekanan dengan sikap yang lebih positif dan proaktif. Melalui keterlibatannya yang aktif dan dukungannya yang kuat, dosen dapat membantu mahasiswa mengelola tekanan mental yang muncul selama penyusunan skripsi. Dosen yang mempraktikkan pendekatan sosiokonstruktivis Vygotsky akan menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan mendukung bagi mahasiswa. Kolaborasi antara dosen dan mahasiswa dianggap sebagai faktor penting dalam mencapai kesuksesan belajar yang lebih baik.

Penutup
Peran dosen dalam membantu mahasiswa menghadapi tekanan mental yang muncul saat mereka menyusun skripsi sangatlah penting. Dosen dapat memberikan bimbingan yang akurat dan membantu mahasiswa dalam perencanaan, pengorganisasian, dan penyelesaian skripsi mereka. Selain itu, dukungan emosional dan motivasional dari dosen juga sangat diperlukan agar mahasiswa tetap termotivasi dan percaya diri menghadapi tekanan tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun