Mohon tunggu...
Azwar Sutan Malaka
Azwar Sutan Malaka Mohon Tunggu... Kompasianer

Kompasianer

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

6 Prodi Ilmu Komunikasi Favorit di SNMPTN

24 Maret 2021   19:38 Diperbarui: 24 Maret 2021   19:54 204 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
6 Prodi Ilmu Komunikasi Favorit di SNMPTN
Gedung Departemen Ilmu Komunikasi UI. Sumber Foto fisip.ui.ac.id

Program Studi Ilmu Komunikasi merupakan salah satu program studi yang diminati oleh calon mahasiswa di Indonesia. Dari 20 program studi bidang sosial humaniora dengan keketatan tertinggi di SNMPTN 2020, 6 di antaranya adalah Program Studi Ilmu Komunikasi.

Oleh sebab itu bagi calon mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan studi di Program Studi Ilmu Komunikasi melalui jalur SNMPTN 2021 ini akan lebih baik melihat daya tampung, peminat pada tahun 2020 dan tingkat keketatannya.

Hal ini penting untuk mengukur diri sendiri sebelum memutuskan pilihan mendaftar ke program studi ilmu komunikasi yang diimpikan. Selain bisa konsultasi dengan senior, tutor di pusat bimbingan belajar, ataupun guru di sekolah, calon mahasiswa sebaiknya memperhatikan daya tampung dan jumlah peminat SNMPTN tahun lalu.

Contohnya jika ingin kuliah di Program Studi Ilmu Komunikasi di Jakarta, maka Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia biasanya menjadi pilihan calon mahasiswa. Selain nama besar Universitas Indonesia yang sudah sangat terkenal dan juga posisinya yang dekat dengan Ibu Kota Negara, membuat Prodi Ilmu Komunikasi UI diminati oleh calon mahasiswa seluruh Indonesia. 

Sebelum memutuskan memilih Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UI, maka perlu diperhatikan bahwa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UI hanya menyediakan 14 kursi untuk peserta SNMPTN tahun 2021 ini. Sementara peminatnya berdasarkan gambaran peminat tahun lalu dimana Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia tersebut diminati sebanyak 1.508 calon mahasiswa. Artinya tingkat keketatan untuk masuk Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UI lebih kurang 1,33 persen jika merujuk pada tahun lalu.

Jika calon mahasiswa merasa mampu bersaing dengan 1,500 an calon mahasiswa lain untuk memperebutkan 14 kursi, maka silahkan mengambil Prodi Ilmu Komunikasi di FISIP, Universitas Indonesia. Namun jika merasa tidak mampu untuk bersaing dengan 1,500 an calon mahasiswa lain, maka bisa memilih program studi ilmu komunikasi yang keketatannya di bawah Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Indonesia.

Atau jika tetap ingin kuliah di Program Studi Ilmu Komunikasi di Jakarta, maka ada alternatif lain seperti Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UPN Veteran Jakarta. Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UPN Veteran Jakarta, bisa menjadi alternatif selain di Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UI dan Prodi Ilmu Komunikasi UNJ. Selain sama-sama Perguruan Tinggi Negeri, UPN Veteran Jakarta juga berada di Jakarta. 

Berdasarkan data dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tahun 2020, daya tampung, peminat, dan tingkat keketatan 6 Program Studi Ilmu Komunikasi terbaik di Indonesia adalah sebagai berikut;

Pertama; Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta

Daya tampung SNMPTN 2021: 19.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN