Mohon tunggu...
Azwar Sutan Malaka
Azwar Sutan Malaka Mohon Tunggu... Kompasianer

Kompasianer

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Siapa Penantang Prabowo di Pilpres 2024

22 Maret 2021   12:23 Diperbarui: 22 Maret 2021   12:35 196 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Siapa Penantang Prabowo di Pilpres 2024
Siapa Penantang Prabowo di Pilpres 2024. Sumber Foto: Wartakota.tribunnews.com

Siapa penantang Prabowo di Pilpres 2024? Jawaban pertanyaan itu ada pada Survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis baru-baru ini. Walaunpun Prabowo yang pada beberapa survei sejak tahun 2020 hingga 2021 ini tidak terkalahkan sebagai Calon Presiden potensial untuk tahun 2024, kini harus mengakui bahwa di mata anak muda dia tidak begitu populer. Prabowo hanya menempati posisi ke lima Calon Presiden yang disukai anak muda.

Survei ini dilakukan Indikator Politik Indonesia  pada bulan Maret 2021, dengan melibatkan 1.200 responden berusia muda antara 17 sampai dengan 21 tahun. Survei dilakukan dengan metode simple random sampling. Survei dengan toleransi kesalahan lebih kurang 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Burhanuddin Muhtadi, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indinesia menyampaikan bahwa, di antara 17 nama tokoh yang potensial sebagai penantang Prabowo di Pilpres 2024, ada beberapa nama yang dipilih paling tinggi secara absolut.

Tokoh-tokoh itu adalah Anies Baswedan di angka 15,2 persen, kemudian diikuti Ganjar Pranowo 13,7 persen, Ridwan Kamil 10,2 persen, Sandiaga Uno 9,8 persen, dan diurutan ke lima adalah Prabowo Subianto dengan perolehan 9,5 persen.

Burhanuddin juga menilai bahwa dengan hasil survei yang menempatkan Anies Baswedan sebagai calon presiden yang paling diminati anak muda, hal ini memberi kesempatan pada para calon presiden bahwa peluang untuk memenangkan Pilpres 2024 belum dikunci oleh salah satu kandidat.

Walaupun Prabowo Subianto menempati posisi ke lima dalam survei Indikator Politik Indonesia tersebut, namun dari empat tokoh di atasnya, Prabowo adalah bakal calon presiden yang paling mungkin untuk bersaing di Pilpres 2024, mengingat dari lima tokoh teratas di survei tersebut, hanya Prabowo yang menjabat sebagai Ketua Umum partai politik.

Sebagaimana di ketahui, Anies Baswedan adalah politisi non partai politik yang menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta karena diusung oleh Partai Gerindra, PKS dan partai lainnya pada Pilgub DKI Jakarta yang lalu.

Ganjar Pranowo walaupun sudah malang melintang di partai politik, namun Ganjar bukan pemegang kekuasaan mutlak di partainya. Apalagi PDI Perjuangan sepertinya juga memiliki keinginan agar Puan Maharani, anak Megawati dan cucu Soekarno itu untuk jadi calon presiden. Hal ini tentu menjadi tantangan yang cukup berat untuk dilewati Ganjar.

Selanjutnya Ridwan Kamil, posisinya sama dengan Anies Baswedan. Gubernur Jawa Barat yang juga mantan Walikota Bandung itu, bukan merupakan politisi aktif di partai politik. Ada banyak syarat yang harus dipenuhi Ridwan Kamil untuk mendapatkan tunggangan menuju Pilpres 2024.

Sandiaga Uno, nyaris sama dengan Ganjar Pranowo. Walau Sandi adalah orang penting di Partai Gerindra, namun selama Prabowo masih memiliki ambisi untuk menjadi Presiden, peluang Sandi untuk diusung Gerindra sebagai calon presiden sangat tipis.

Kita lihat saja nanti siapa penantang Prabowo di Pilpres 2024 mendatang. Walaupun beberapa survei akhir-akhir ini mengunggulkan Prabowo Subianto sebagai calon presiden dengan elektabilitas tertinggi, namun 4 orang anak muda (Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, dan Sandiaga Uno) pantas diperhitungkan sebagai penantang Prabowo di pilpres 2024. (*)

VIDEO PILIHAN