Mohon tunggu...
Azwar Sutan Malaka
Azwar Sutan Malaka Mohon Tunggu... Penulis

Penulis

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

"Aisyah Istri Rasulullah" dan Penghargaan Terhadap Kreativitas

5 April 2020   21:30 Diperbarui: 5 April 2020   21:42 53 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Aisyah Istri Rasulullah" dan Penghargaan Terhadap Kreativitas
Sumber Foto: WowKeren.Com 

Beberapa hari belakangan ini, 10 trending topic di Youtube Indonesia adalah cover lagu "Aisyah Istri Rosulullah", siang tadi saya lihat cover lagu ini oleh Syakir Daulay mencapai 20 juta viewer, dan malam ini sudah meningkat menjadi 22 juta viewer. Trending kedua adalah Sabyan dengan 20 juta viewer.

Dari 10 trending yang semua tentang "Aisyah Istri Rosulullah", 3 diantaranya adalah komentar atas cover lagu itu. Dua diantaranya adalah komentar Anji dalam akun Dunia Manji dimana video pertama mempertanyakan mengapa Syakir Daulay melabeli official music video pada videonya di Youtube (Bahkan video ini menempati trending ketiga di Youtube).

Sementara video kedua adalah wawancara Anji dengan Syakir terkait lagu yang dicover Syakir itu, dimana intinya Syakir menyampaikan bahwa dia dan timnya sudah membeli lisensi lagu tersebut dari Malaysia. Hal ini dilakukan Syakir setelah lagu yang dibawakannya itu trending di Youtube. Video lainnya yang masuk 10 trending di Youtube adalah dari akun Al Bahjah TV yang menayangkan tanggapan Buya Yahya tentang lirik lagu tersebut, tentu saja dalam pandangan Islam.  

"Aisyah Istri Rosulullah" menjadi trending di Indonesia memang setelah di-cover oleh dua Youtuber terkenal Nisa Sabyan dan Syakir Daulay, namun lagu ini sudah ada di akun Yuotuber Malaysia semanjak 2 tahun lalu, yaitu akun vitaminbie alias Mr. Bie. Sebenarnya lagu ini tidak murni ciptaan Mr. Bie, namun Mr. Bie mengubah lirik lagu dengan judul "Aisyah" dari grup Band Projector Band asal Malaysia namun dengan cerita yang berbeda.

Dalam lagu Projector Band yang berjudul "Aisyah" itu, menceritakan kisah cinta dua anak manusia seperti biasa. Nama Aisyah dalam lagu Projector Band tidak merujuk pada Aisyah RA, istri Baginda Rasulullah SAW, tapi Aisyah dalam lagu itu merujuk pada nama kekasih yang diceritakan dalam lagu Projector Band tersebut. Mr. Bie mengubah tokoh Aisyah itu menjadi Aisyah RA, istri Rasulullah SAW dengan lirik yang menceritakan kisah asmara Aisyah RA dan Rasulullah SAW.

Saya tertarik dengan ulasan Anji dalam akun Youtubenya Dunia Manji yang mengulas siapa pemilik lagu "Aisyah Istri Rosulullah" sebenarnya. Ulasan Anji mempertanyakan mengapa Syakir Daulay melabeli lagu yang dicovernya itu dengan official music video, postingan Anji itu bahkan (malam ini) nyaris mendapatkan 5.000 komentar baik dari Indonesia maupun dari Malaysia.

Anji memulai ulasannya dengan pertanyaan (yang saya rasa bukan sebenar-benarnya pertanyaan) "saya pikir lagu ini punyanya Syakir Daulay, karena dia menuliskan official music video, tapi setelah saya lihat Sabyan sudah terlebih dahulu postingnya, nah Sabyan cover."

Anji penasaran, dia akhirnya mencari tahu dengan membuka credit lagu "Aisyah Istri Rosulullah" yang dimuat diakun Youtube Syakir Daulay. Dari penelusurannya Anji jadi tahu bahwa  composer lagu tersebut adalah Razif Bin Zainuddin aka Razif/Hasbi Bin Haji Muh. Ali aka Mr. Bie.

Menurut Anji berdasarkan deskripsi lagu di Youtube Syakir Daulay tersebut seolah-olah lagu itu milik Syakir Daulay. Setelah itu Anji membuka video Sabyan dimana dari deskripsi dari video Sabyan Anji menemukan bahwa lagu tersebut Original Song by Projector Band, adaptasi lirik by Hasbi Haji Muh Ali (Mr. Bie).

Anji kemudian menelusuri akun Youtube Projector Band dan dari akun itu Anji jadi tahu bahwa cerita Aisyah di Projector Band berbeda dengan Aisyah Istri Rosulullah yang trending ini. Dalam penelusuran Anji, dia jadi tahu bahwa Mr. Bie lah yang pertama merilis "Aisyah Istri Rosulullah" yang banyak dicover oleh Youtuber Indonesia saat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x