Mohon tunggu...
Azwardi Iqbal Usman
Azwardi Iqbal Usman Mohon Tunggu... Administrasi - Creative, Initiative, and Eager to Learn

Currently working in one of the leading global cryptocurrency exchange company as Marketing Communications Manager and Startup Incubator Business and Venture Capital as Public Relations Position. Total 4 years experiences as Public Relations and 4 years experience as Business Development Graduated from Universitas Gadjah Mada as Master of Business Administration (MBA) in Marketing Management Major and Universitas Padjadjaran as Bachelor of Communications, Public Relations in Faculty of Communication Science. Best Regards, Azwardi Iqbal Usman

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Waspada Potensi Terbuai CryptoScam

6 September 2021   19:18 Diperbarui: 6 September 2021   19:45 101 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Waspada Potensi Terbuai CryptoScam
Credit Pict: nationalcybersecuritynews.today

Kemarin sore saat saya sedang perawatan rutin kendaraan di bengkel, salah satu teman kuliah bertanya via WhatsApp dan sharing soal mau invest di salah satu cryptocurrency baru. Teman saya ini termasuk tipikal orang melek investasi, sudah punya beberapa aset investasi lain, dan baru-baru ini saja masuk mencoba investasi di dunia cryptocurrency karena tertarik akan potensi profit yang bisa diraih.

Sedikit informasi bagi yang masih bingung mengenai cryptocurrency, #cryptocurrency pada dasarnya adalah mata uang digital berbasis teknik kriptografi dan bersifat desentralisasi. Simpelnya anda pasti tau mata uang Rupiah, USD, Euro atau Poundsterling kan? nah di dunia cryptocurrency yang lebih dikenal adalah #Bitcoin, #Ethereum, #Cardano dll yang jumlahnya bisa ribuan. 

Selain itu mata uang Rupiah, USD, Euro atau Poundsterling dicetak secara fisik dan sifatnya adalah sentralisasi atau diatur oleh sebuah institusi negara.

Teman saya itu bertanya "Menurut lo cryptocurrency X yang masih baru ini bagus ngak bal?" lalu dia melanjutkan "di YouTube udah ada yg ngebahas dan prediksi harganya tinggi banget bisa sampe $1000 per keping"

Saya yang setiap hari melakukan media monitoring sebagai salah satu jobdesc kantor tentang cryptocurrency (selanjutnya saya sebut dengan crypto) jujur jadi penasaran juga dengan crypto X ini apalagi prediksi nilainya bisa sampe $1000 per keping yang notabene saat ini masih sedikit crypto yang nilainya setara, mendekati bahkan diatas itu. 

Untuk sebuah crypto mencapai nilai $1000 per keping biasanya membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan biasanya tahunan, contoh Ethereum (crypto dengan kapitalisasi terbesar kedua) yang rilis tahun 2015 baru bisa mencapai nilai $1000 per keping pada Januari 2021. Bitcoin (crypto pertama dengan kapitalisasi terbesar nomor satu) yang rilis tahun 2010 baru bisa mencapai nilai $1000 per keping pada November 2013.

Saya eksplor, riset, dan pelajari dari berbagai website media-media company besar yang memang khusus membahas dunia crypto hingga website perorangan dan blog. Setelah saya pelajari cryptocurrency X itu, saya mendapat konklusi bahwa itu merupakan cryptocurrency scam atau "cryptoscam" alias penipuan crypto. 

Cryptoscam ini keping koin/tokennya memang ada namun arah jalan bisnis cryptonya tidak jelas dan biasanya foundernya cuma ingin peroleh dana dari investor setelah itu kabur. Selain itu umur dari cryptocurrency ini tidak akan lama dan lama kelamaan akan mati.

Setiap crypto dengan fundamental baik dan memiliki potensi bagus diciptakan atau lahir tujuannya adalah untuk mendanai atau membangun sebuah atau banyak project. Crypto tersebut biasanya akan menjadi alternatif dari existing crypto atau untuk memecahkan sebuah masalah baru alias menitikberatkan pada inovasi. 

Kalo projectnya jelas, fundamentalnya baik apalagi jika memiliki founder yang beriwayat baik misalnya merupakan mantan founder di existing crypto besar lalu membuat crypto baru, crypto tersebut layak untuk diinvestasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan