Mohon tunggu...
Jonathan
Jonathan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi saya adalah membaca buku dan bermain games.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengalaman dari Mengikuti Geladi Hominisasi

21 Mei 2022   02:39 Diperbarui: 21 Mei 2022   02:39 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Geladi hominisasi yang saya ikuti dimulai dengan tugas pra geladi yaitu mencari hal yang menarik dari lagu Indonesia Raya 3 stanza. Setelah tugas tersebut sudah dikerjakan, saya pun bisa mengikuti geladi hominisasi yang dilaksanakan pada tanggal 14 mei 2022. Banyak kegiatan yang dilakukan pada saat geladi hominisasi dilaksanakan. Dimulai dari perkenalan diri kepada rekan-rekan yang berada di kelompok yang sama, lalu diberikan pengantar mengenai kemerdekaan Indonesia dan sejarah sebelum dan sesudah Negara Indonesia merdeka, juga dijelaskan mengenai apa saja hasil dari diadakannya konferensi Asia Afrika yang berlangsung di Bandung. Di selang antara kegiatan tersebut, diadakan games berupa quiz yang berisi tentang pengetahuan umum seperti siapa bapak pendidikan nasional, harkonas merupakan singkatan dari apa hingga pertanyaan mengenai pengetahuan budaya daerah seperti apa itu cingcowong dan kue putu merupakan singkatan dari apa. 

Setelah itu kegiatan selanjutnya adalah saya bersama dengan rekan-rekan sekelompok saya diminta untuk mempresentasikan mengenai tema yang didapat. Tema yang saya dan rekan-rekan saya dapat adalah keberagaman dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Dari tema tersebut kami memilih untuk mengangkat topik mengenai tindak rasis yang sering terjadi. Secara garis besar topik ini menjelaskan mengenai ras minoritas yang dikucilkan. Presentasi tersebut kami tunjukkan dengan cara melakukan drama yang diakhiri dengan kesimpulan. Setelah semua kelompok selesai presentasi, dosen pembimbing bersama dengan perwakilan dari setiap kelompok memilih satu kelompok yang akan maju ke babak final. Pada babak final, kelompok yang terpilih melakukan presentasi sekali lagi untuk menentukan siapa yang menjadi pemenang. Setelah pemenang sudah ditentukan, acara geladi hominisasi pun selesai dengan diberikan tugas pasca geladi.

Setelah mengikuti geladi hominisasi ini pengetahuan saya mengenai budaya-budaya daerah dan sebagainya menjadi bertambah dan juga diajari untuk menghormati setiap perbedaan yang ada antara satu orang dengan yang lain. Logika dan bahasa diperlukan karena dengan logika kita dapat berpikir hal mana yang baik dan hal mana yang buruk, dengan bahasa identitas kita sebagai warga negara tersebut terlihat. Hal-hal yang saya pelajari dalam geladi ini akan berguna untuk membuat saya menjadi warga negara yang lebih baik dengan berpikir secara logis dan bersikap kritis.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun