Mohon tunggu...
Azmi Candini
Azmi Candini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Garut, Jawa Barat

Hallo... Mari Belajar, Menebar Keberamnfaatan disetiap harinya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pemberdayaan Desa Berbasis Cinta Lingkungan di Desa Suntenjaya

23 Oktober 2021   15:30 Diperbarui: 23 Oktober 2021   15:35 130 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tim Macili PHP2D UPI beserta Masyarakat Kampung Pasirangling/ Doc.Tim Macili

Macili ( Masyarakat Cinta Lingkungan ) merupakan salah satu Tim mahasiswa asal Universitas Pendidikan Indonesia terbentuk melalui Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Pengkajian dan Penalaran Intelektual Mahasiswa ( UKM LEPPIM) UPI. 

Dalam rangka mengimpelementasikan amanah yang diemban sebagai perwakilan Universitas Pendidikan Indonesia yang telah lolos seleksi nasional penerima pendanaan dalam Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) tahun 2020 serta sebagai wujud bakti Mahasiswa UPI terbentuklah Program Pemberdayaan Desa yang memfokuskan terhadap kebersihan  lingkungan dengan konsep limbah organic. 

Macili ini merupakan Tim yang tergabung dari berbagai program studi dengan beranggotakan 19 orang dengan ketua oleh Reynard Benedict Septian dan dibimbing oleh Dr.Eka Cahya Prima, S.Pd., M.T dengan lokasi di Kampung Pasirangling, Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang , Kabupaten Bandung Barat.  

Dalam Pelaksanannya program dari Macili ini berjalan selama kurang lebih 4 bulan dengan mendapatkan sambutan hangat dari Masyarakat setempat. 

Hal ini bisa dilihat dari diadakannya Pentas Seni Tari saat menyambut Tim Program Macili.   Adapun, alur prosesnya dimulai dari tahapan perencanaan seperti survey awal yang dilakukan untuk mengamati keadaan desa secara keseluruhan. 

Kemudian, mengidentifikasi masalah , pada tahap ini Tim Macili menemukan berbagai permasalahan lingkungan dari mulai kotoran  limbah sapi yang belum maksimal dalam pengolahannya serta banyaknya tumpukkan sampah dari limbah organic rumah tangga seperti sayur dan buah-buahan yang keduanya turut mencemari lingkungan. 

Mengajar PAUD di Kampung Pasirangling/Doc.Tim Macili
Mengajar PAUD di Kampung Pasirangling/Doc.Tim Macili

Dari berbagai penetapan masalah tersebut, Tim Macili berupaya untuk memberikan solusi dengan mengadakan Program Pembangunan penampungan pengolahan limbah kotoran sapi yang bisa dijadikan pupuk kandang, serta program memanfaatkan lalat maggot BSF sebagai inovasi pengolahan limbah organic rumah tangga agar dapat menghasilkan pupuk kompos yang bermanfaat. 

Selain kedua program unggulan diatas, Tim Macili sebagai upaya dalam proses pengabdian terhadap rasa cinta terhadap lingkungan, Tim Macili turut menanam bibit pohon jenis kopi di area perkebunan pinus yang ada di Kampung Pasirangling.

 Selain itu, program tambahan dari Tim Macili sebagai wujud bakti dalam pendidikan dan pengajaran turut memberikan arahan dan pengajaran bersama di Taman Bacaan Masyarakat Sekolah Hijau Kampung Pasirangling. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan