Mohon tunggu...
Azmi Fajriati
Azmi Fajriati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Psikologi Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Psychological First Aid (PFA) untuk Korban Bencana

20 Juni 2022   17:20 Diperbarui: 20 Juni 2022   17:57 1609
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Psychological First Aid (PFA) untuk korban bencana

Bencana alam kerap terjadi di Indonesia, dengan angka 1.381 bencana alam yang terjadi dari 1 Januari 2022 hingga 26 April 2022 (Badan Nasional Penanggulangan Bencana, 2022). 

Tingginya angka bencana alam di Indonesia menandakan bahwa ada banyak kerugian yang dialami oleh korban hingga infrastruktur yang ada di sekitarnya. Khususnya terhadap korban jiwa, adanya dampak negatif dari bencana alam seperti korban mengalami dampak fisik. 

Selain adanya dampak secara fisik, tidak dipungkiri bahwa korban bencana juga akan mengalami dampak psikologis seperti kecemasan, gangguan stress pasca trauma, depresi, juga penggunaan obat-obatan. 

Dampak psikologis merupakan pengaruh positif maupun negatif yang muncul sebagai hasil dari adanya stimulus dan respon yang bekerja pada diri seseorang. Stimulus dalam hal ini adalah bencana alam yang menimpa korbannya. Pengaruh tersebut tampak dalam perilaku maupun sikap oleh individu.

Mereka yang terkena bencana harus merasakan kerusakan tempat tinggal, kehilangan barang berharga yang dimiliki dan mendapat luka-luka, baik itu parah ataupun tidak, sampai kehilangan anggota keluarga. hal -hal tersebut dapat memicu adanya trauma pada korban yang selamat dan terlalu berlarut-larut dalam duka. 

Dampak negatif yang rentan terjadi pada korban dengan kondisi tersebut adalah adanya gangguan mental, salah satunya PTSD (post-traumatic stress disorder) yang terjadi karena pengalaman terkena bencana alam terlalu kelam bagi mereka.

Dampak-dampak yang terjadi pun disebabkan oleh beberapa hal, antara lain rasa kehilangan, merasa tidak aman secara personal, dan dilingkupi perasaan ketidakpastian akan masa depan (Kementerian Kesehatan BNPB, 2018). 

Lalu, apa yang bisa kita lakukan guna menolong para korban dalam mengurangi dampak negatif dari bencana alam tersebut? Dengan Psychological First Aid (PFA).

PFA atau Psychological First Aid merupakan serangkaian keterampilan yang bertujuan untuk mengurangi dampak negatif stres dan mencegah timbulnya gangguan kesehatan mental yang lebih buruk yang disebabkan oleh bencana atau situasi kritis. 

Psychological First Aid merupakan suatu pendekatan untuk membantu individu atau komunitas yang mengalami kondisi darurat (emergency), bencana, atau traumatik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun