Mohon tunggu...
AZMI RAMDHAN MUDA RAHMAT
AZMI RAMDHAN MUDA RAHMAT Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Sepakbola dan Game

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pemanfaatan Limbah atau Sampah Plastik dengan Metode Pembuatan Tong Sampah Ecobrick

11 Agustus 2022   14:05 Diperbarui: 11 Agustus 2022   14:19 237 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seorang mahasiswa tidak hanya diharuskan menjadi seorang akademisi saja dalam bidang keilmuan yang mereka pelajari, akan tetapi seorang mahassiwa harus turut serta turun dalam melakukan aksi nyata yang dapat di rasakan masyarakat. Karena secara hakikatnya seorang  mahasiswa merupakan agen perubahan bagi bangsa dan negara ini.

Berdasarkan pada hal tersebut para perguruan tinggi salah satunya memberikan inovasi agar mahasiswa mempunyai pengalaman untuk terjun langsung kepada masyarakat yaitu dengan adanya kegiatan kuliah kerja Nyata (KKN). Secara hakikat KKN ini sendiri merupakan bentuk pengaplikasian pembelajaran yang sudah didapat dalam perkuliahan yang sudah mereka lalui. 

Program KKN kali ini mengambil tema KKN tematik, KKN tematik sendiri tidak jauh berbeda dengan KKN yang lain hanya saja KKN tematik ini tebih mengutamakan proggram yang dapat mengedukasi masyarakat untuk jangka panjang atau berkelajuatan.

Dokpri
Dokpri

Pada artikel ini akan membahas beberapa kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Pendidikan dalam kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) khususnya oleh kelompok 65 yang melaksanakan KKN tematik di Kelurahan Pasir Layung Kec. Cibeunying Kidul RW 11 yang mengusung tema "Kawasan Pemukiman Aman dan Nyaman di lingkungan perkotaan” dan ada beberapa program kerja yang diambil mahasiswa salah satunya adalah dengan cara pemanfaatan limbah sampah plastik dengan pembuatan tong sampah ecobrik.

Para mahasiswa mempunyai tujuan dengan pemanfaatan limbah atau sampah plastik ini nantinya dengan pemanfaatan menggunakan metode ecobrick ini nantinya dapat mengurangi penumpukan sampah plastik yang sering berserakan di sekitar lingkungan rumah warga. Seperti diketahui bersama sampah atau limbah plastik merupakan jenis limbah yang sangat sulit terurai, dibutuhkan waktu bertahun – tahun untuk bisa terurai.

Dengan adanya metode pemanfaatan dengan ecobrick ini setidaknya penumpukan limbah atau sampah plastik yang berserakan di sekitar lingkungan masyarakat setidaknya dapat teratasi dengan cara memanfaatkan limbah atau sampah plastik ini menjadi bahan daur ulang seperti tong sampah, kursi, meja dan lain sebagai dalam pemanfaatan limbah atau sampah plastik ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan