Mohon tunggu...
Azka Putri Ramadani
Azka Putri Ramadani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Diponegoro

Mahasiswa Jurusan Statistika, Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kreatif! Belajar Sembari Bermain dengan Ultamasta, Si Ular Tangga Matematika-Statistika

13 Agustus 2022   13:59 Diperbarui: 14 Agustus 2022   18:18 50 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bermain Ultamasta (Sumber: Dokumen Pribadi)

Semarang (11/07/2022) - Banyak siswa yang berbicara bahwa belajar tentang matematika adalah hal yang sulit dan sama sekali tidak menarik. Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana merencanakan, menganalisis, mengumpulkan dan mempresentasikan data yang telah diolah sedangkan matematika adalah ilmu yang mempelajari pola struktur atau perubahan ruang dengan ilmu bilangan dan angka. Statistika merupakan bagian dari matematika yang mempelajari tentang perhitungan dan bergelut dengan angka yang tidak dapat dipungkiri lagi tentang hal itu. Maka dari itu, saya sebagai mahasiswa KKN Universitas Diponegoro membuat program kerja KKN yaitu “Belajar Ria Matematika-Statistika” yang dilaksanakan di Kelas 5 SDN 02 Candirejo.

Pemberian Materi (Sumber: Dokumen Pribadi)
Pemberian Materi (Sumber: Dokumen Pribadi)

Dalam pelaksanaannya diberikan materi terlebih dahulu, kemudian baru diisi dengan bermain sambil belajar menggunakan Ultamasta (ular tangga Matematika-Statistika). Adapun materi yang diajarkan adalah materi Matematika yaitu pecahan perkalian sedangkan materi Statistika yaitu mean, median, dan modus. Kemudian, ular tangga Matematika-Statistika adalah permainan sederhana yang berbentuk kertas segi empat dengan aneka gambar yang disisipi ular atau tangga yang dimana terdapat kartu pertanyaan dan jawaban. Kartu pertanyaan dan jawaban tersebut berisi pertanyaan dan jawaban mengenai materi pecahan perkalian serta mean, median, dan modus. Peraturan permainannya adalah siswa-siswi kelas 5 dibagi menjadi 6 kelompok dan setiap kelompok memiliki 5 anggota. Setiap kelompok menentukan siapa yang menjadi pemain pertama, kedua, ketiga, keempat, dan kelima. Awal permainan, pemain pertama dari masing-masing kelompok yang memulai terlebih dahulu dengan melemparkan dadu dan menjalankan pionnya. Setelah itu, para pemain pertama mengambil kartu pertanyaan dan diberi waktu satu menit untuk menjawabnya. Jika benar, mendapatkan 10 poin. Jika salah, mendapatkan pengurangan poin. Hal tersebut juga berlaku untuk pemain selanjutnya. Setelah semua bermain ular tangga, total skor masing-masing kelompok dihitung dan tiga nilai yang paling tinggi diberikan hadiah.

Antusias Para Siswa Kelas 5 SDN 02 Candirejo (Sumber: Dokumen Pribadi)
Antusias Para Siswa Kelas 5 SDN 02 Candirejo (Sumber: Dokumen Pribadi)

Pembelajaran Matematika-Statistika dengan media ular tangga ini dapat memantik para siswa kelas 5 SDN 02 Candirejo agar lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran serta meningkatkan pemahaman yang ada dalam fikiran anak-anak tentang Matematika dan Statistika. Program ini juga tidak terlalu fokus kepada pembelajarannya namun belajar sambil bermain, sehingga para siswa dapat menyerap pelajaran yang diberikan kepada mereka. Program ini membuat siswa-siswa lebih santai dalam belajar dan tidak harus memfokuskan kepada pelajaran yang akan membuat mereka bosan. Namun, dengan bermain dapat meningkatkan perkembangan dan menyerap pengetahuan lebih cepat.

Penulis: Azka Putri Ramadani/Statistika 2019-Fakultas Sains dan Matematika

Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Naniek Utami Handayani, S.Si, MT

Lokasi: Kelurahan Candirejo, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan