Mohon tunggu...
Abdul Aziz
Abdul Aziz Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Filosofi Sang Putih-Hitam di Atas Papan

29 Maret 2019   19:58 Diperbarui: 20 April 2021   19:52 401 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi hitam putih catur di atas papan (sumber gambar: unsplash)

Sang putih hitam di atas papan, mungkin dalam benak kawan bertanya apa putih hitam di atas papan? Iya, saya sengaja menulis putih hitam di atas papan, kalau di tulis hitam putih, nanti di kira acara station tv yang sering muncul di layar tv kawan, okey kita kembali pada putih hitam di atas papan. 

Sebenarnya putih hitam diatas papan itu sebuah warna dari benda yang dominan, dan sering kita temui sehari-hari, biasanya putih hitam di atas papan selalu kita temui pada tempat-tempat santai di teras rumah misalnya dan biasanya ada 2 orang yang saling berhadapan untuk memainkannya. 

Yap, namanya adalah Catur. Tapi kayanya kita lebih enak untuk tau sejarah catur terlebih dahulu.

Sejarah singkat munculnya catur

Sejak abad ke-7 di India catur sudah mulai dimainkan, lebih lanjut pada saat masa pemerintahan Gupta, catur lebih dikenal dengan nama Caturanga. Kemudian pada abad ke-6 pedagang Islam dari India membawa permainan ini menuju ke Persia. 

Disana catur disebut dengan nama shatranj di Sassanid, Mulai dari Persia ini kemudian catur juga mulai dikenal di seluruh penjuru dunia. Disini catur juga mengalami perkembangan dari segi permainan sehingga lebih menarik dan lebih seru hingga menjadikan catur sebagai permainan rekreasi paling favorit di Persia. Karena keseruan ini kemudian catur menyebar lagi hingga ke daratan Arab.

Selanjutnya pada abad ke-8 Islam melebarkan ajarannya ke Spanyol. Peristiwa ini yang juga membawa catur mulai dikenal di bangsa Eropa khususnya untuk di Spanyol. Selain di Spanyol, pada abad ini, catur juga mulai dikenal di berbagai negara Eropa lainnya seperti Belanda, Italia, Inggris, Irlandia dan lainnya. Kemudian penyebaran catur menyebar lagi ke Rusia pada abad ke-9 yang membuat catur menjadi semakin dikenal.

Ada juga sejarawan dengan nama Muhammad Ismail Sloan yang menyatakan jika catur pertama kali dikembangkan di India. Hanya saja banyak juga sejarawan yang menyangkal hal ini karena tidak ada literatur Sanskrit yang menyebutkan tentang catur. 

Justru para pujangga Cina sudah membuktikan dengan menyebutkan permainan ini di tahun 800 sebelum abad ke-6.   Sebelumnya papan catur tidak memiliki warna yang berbeda melainkan hanya menggunakan warna yang sama saja, bahkan catur juga bisa dimainkan diatas pasir atau pun dimana saja asalkan diberi garis dan kotak.  

Namun ketika catur masuk ke Eropa pada abad ke-10, catur akhirnya memiliki papan yang berawarna hitam dan juga putih. Selain itu ada peraturan tambahan tentang pion yang boleh maju dua kotak pada langkah pertama dan juga peraturan tentang menteri atau ratu yang boleh bergerak dengan lebih leluasa.

Permainan catur (sumber gambar: beritagar)
Permainan catur (sumber gambar: beritagar)

Masuknya Permainan Catur ke Indonesia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan