Mohon tunggu...
Aziz Amin
Aziz Amin Mohon Tunggu... Penulis Lepas, Trainer, Personal Coach, Terapist, Hipnoterapist, Pembicara, Online Marketer, Web Design

Praktisi Kehidupan, Kompasianer Brebes www.azizamin.net Founder MPC INDONESIA www.mpcindonesia.id WA : 0858.6767.9796 Email : azizaminudinkhanafi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Melihat Pengaruh Jurnalis Warga terhadap Pemberdayaan Masyarakat

26 Juni 2019   06:50 Diperbarui: 26 Juni 2019   06:52 41 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Melihat Pengaruh Jurnalis Warga terhadap Pemberdayaan Masyarakat
Doc Pribadi : Adias

Pagi kompasiner, 

Mengawali pagi ini dengan menuliskan catatan kemarin, Selasa, 25 Juni 2019, membawa kesan mendalam bersua langsung dengan akademisi Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UNSOED.

Kompasiner, bersua langsung dengan Dr. Edi Santoso, M.Si, dosen Jurusan Ilmu Komunikasi di Fakultas FISIP Unsoed pastilah bukan kebetulan, artinya saya ternyata memiliki kontak beliau dari group WA Group KomBes Community (Komunitas Kompasianer Brebes).

Geli sebenarnya kalau ternyata saya tidak menyadari bahwa dalam group kompasianer brebes ada beberapa tokoh dan akademisi, yang tentunya secara kapasitas dan kompetensi dalam bidang penulisan atau bidang lain jauh lebih bagus tapi sangat low profile.

Saya sepakat dengan H. Bahrul Ulum salah satu mentor dan motivator kami dalam menulis dan tempat kami belajar menimba keilmuan jurnalistik walau beliau bukanlan seorang wartawan.

Bahrul Ulum mengatakan bahwa menjadi jurnalis warga dan belajar ilmu jurnalis warga tidak harus dari wartawan, dapat dilakukan dari mana saja salah satunya dengan komunitas jurnalis warga yang ada, dengan semangat yang besar dan mau belajar. " melihat tulisan tulisan jurnalistik yang bagus dan mencontohnya, dan harus mau belajar keilmuannya agar karya tulisan tetap sesuai kaidah aturan jurnalistik " katanya.

Ulum melanjutkan, tidak menyangka bagi sahabat jurnalis warga Kabupaten Brebes dipertemukan oleh Dosen Pasca Sarjana Magister Ilmu Komunikasi Unsoed Purwokerto dalam kegiatan FGD Kontribusi Jurnalis Warga dalam Pemberdayaan Masyarakat.

Fokus group discusion (FGD) yang dilaksanakan di Rumah Makan Tjitu Brebes ( 25/06/2019 ), merupakan research Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UNSOED terkait dengan bagaimana kontribusi jurnalis warga dalam pemberdayaan masyarakat.

Edi Santoso menjelaskan bahwa kegiatan ini dalam rangka research kontribusi jurnalis warga dalam pemberdayaan masyarakat, " Seberapa besar sih pengaruh atau dampak perubahan apa saja yang ada baik dari dirinya sendiri, maupun pemberdayaan yang ada di masyarakat " jelasnya.

H. Bahrul Ulum, M.Si faunder jurnalis warga Kabupaten Brebes, memperkenalkan satu persatu jurnalis warga yang hadir, dengan menyebut nama, latar belakang pendidikan, latar belakang pekerjaan, dan Story of change yang pernah dilakukan.

Sebagian dari jurnalis warga, saya sangat merasakan banyak sekali bergabung dan bertumbuh, berkembang kualitas saya dalam hal menulis, tentunya masih banyak kekurangan akan tetapi, hampir semua jurnalis warga yang hadir mengamini pengaruh besar dampak dari jurnalis warga sebagai bagian dari corong masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x