Mohon tunggu...
Azizahtut Tazhiyah
Azizahtut Tazhiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa UM

PAKT 2017

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kartu 3 Bahasa sebagai Media Pembelajaran Interaktif Karya Mahasiswa KKN UM

3 Juli 2020   10:30 Diperbarui: 3 Juli 2020   10:31 37 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kartu 3 Bahasa sebagai Media Pembelajaran Interaktif Karya Mahasiswa KKN UM
Mahasiswa KKN UM Desa Purworejo sedang memberikan media pembelajaran flashcard 3 bahasa kepada Kepala Desa Purworejo | Dokpri

Ngantang - Tahun ini Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang edisi Covid-19 melakukan sebuah program kerja dengan menciptakan sebuah media pembelajaran flashcard yang memuat 3 bahasa di dalamnya. Media pembelajaran ini diperuntukkan bagi kalangan Sekolah Dasar (SD)/sederajat di Desa Purworejo, Kecamatan Ngantang, Malang. Program kerja ini adalah salah satu program dari kelompok KKN Reguler Model Blok Universitas Negeri Malang edisi Covid-19 yang bertempat di Desa Purworejo, Kecamatan Ngantang, Malang.

Flashcard adalah kartu-kartu bergambar yang dilengkapi dengan kata-kata, yang diperkenalkan oleh Glenn Doman, seorang dokter ahli bedah otak dari Philadelphia, Pennsylvania. Kartu-kartu flashcard dapat diberikan kepada anak sebagai sebuah permainan mengenal huruf dan kata- kata. Gambar-gambarnya yang menarik dengan warna-warni menyolok akan disukai anak-anak, sehingga bisa mengajak mereka bergembira, bermain dan belajar dalam cara yang sederhana.

"Dengan dibuatnya media pembelajaran flashcard ini kami berharap nantinya dapat menambah wawasan dan melatih siswa kalangan SD (Sekolah Dasar) khususnya SD Desa Purworejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang untuk mengenal dan mengingat macam-macam pekerjaan rumah tangga dengan tiga bahasa yaitu bahasa inggris, bahasa mandarin dan bahasa jepang." Ujar Tari salah satu mahasiswa KKN UM pencetus ide media pembelajaran flashcard.

"Saya selaku Kepala Desa Purworejo berterimakasih banyak dengan adanya kegiatan KKN ini. Produk-produk yang dihasilkan juga dirasa sangat bermanfaat dan berguna sekali khususnya untuk masyarakat desa Purworejo". Ujar Siswaji

Pembuatan media pembelajaran ini dilatar belakangi oleh banyaknya sekolah dasar (SD) di Desa Purworejo. Sehingga mahasiswa KKN UM Desa Purworejo berinisiatif untuk menciptakan media pembelajaran interaktif yang berguna bagi siswa kalangan SD atau sederajat. Tema yang digunakan pada media ini cukup mudah dan sederhana. Hal ini yang nantinya akan mempermudah siswa dalam memahami dan menggunakan media kartu flashcard ini. Keunggulan kartu media ini adalah bisa digunakan dimana saja, di dalam maupun di luar kelas. Media ini juga mudah di bawa kemana-mana. Hal ini tentunya sangat mendukung kegiatan belajar siswa.

Penulis : Kinanti Noviantari, dkk.

VIDEO PILIHAN