Nama : Siti Nurazizah
NIM : 1803026077
Dalam perkembangan dan juga pertumbuhan manusia tentunya memiliki berbagai jenis tumbuhan-tumbuhan yang ketika awal kehidupan manusia tersebut lebih mementingkan unsur jasmani didalam dirinya. Contohnya ketika manusia masih bayi, dimana manusia belum begitu mengerti dan juga paham mengenai apa yang terjadi diluaran sana, termasuk kebutuhan dari fisiknya sendiri. Sehingga dalam hal ini lebih mementingkan adanya perkembangan dari awal lingkungan dia berada.
Di dalam sebuah kamus Echol dan Shandaly (1975). Menyatakan bahwa individu adalah sebuah kata benda dari individual yang berarti orang, perseorangan dan juga oknum.Â
Berdasarkan dari pengertian tersebut dapat kita bentuk dalam sebuah lingkungan yang bisa merangsang perkembangan potensi-potensi yang dimilikinya ddan akan membawa berbagai perubahan yang diinginkan dalam sebuah kebiasaan dan juga sikap-sikapnya.
Teori perbedaan individu dalam psikologi yang dikembangkan oleh Lindgren (1980) mengatakan bahwa sebuah perbedaan individual menyangkut mengenai variasi yang terjadi, baik variasi dalam aspek fisik dan juga psikologis, perbedaan individual tersebut juga disatukan dalam sebuah teori Chaplin (1195:224 ) yang menyatakan sembarang sifat atau perbedaan kuantitatif dalam suatu sifat yang dapat membedakan suatu individu dengan individu lainnya.
Dalam aspek perkembangan individu, dikenal ada dua aspek yang menonjol, yaitu 1) semua diri manusia mempunyai unsur-unsur kesamaan didalam pola perkembangannya dan 2) didalam pola yang bersifat umum dari apa yang membentuk warisan manusia secara biologis dan sosial tiap-tiap individu mempunyai kecenderungan berbeda. Perbedaan ini disebut perbedaan individu atau perbedaan individual. Gerry (1963) dalam buku perkembangan peserta didik karya Susanto dan B. Agung  Hartanto mengategorikan perbedaan individual seperti berikut :
  1. Perbedaan fisik, tingkat dan berat badan, jenis kelamin, pendengaran, penglihatan, dan kemampuan brtindak.
  2. Perbedaan sosial termasuk status ekonomi, agama, hubungan keluarga, dan suku.
  3. Perbedaan kepribdian termasuk watak, motif, minat dan sikap.
  4. Perbedaan kecakapan atau kepandaian di sekolah.