Mohon tunggu...
Azizah Nur Azhari
Azizah Nur Azhari Mohon Tunggu... Mahasiswa - as a student | communication `20

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga | 20107030027

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Di Balik Fakta "Seblak Teh Isum" yang Menjadi Andalan Mahasiswa Jogja

22 April 2021   08:23 Diperbarui: 15 Juni 2021   06:16 874 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Di Balik Fakta "Seblak Teh Isum" yang Menjadi Andalan Mahasiswa Jogja
seporsi seblak sosis | dokpri

Indonesia terkenal sebagai negara dengan keanekaragaman yang berbeda-beda pada setiap daerah yang dimilikinya sesuai dengan ciri khasnya masing-masing. Mulai dari perbedaan suku, bahasa, adat istiadat, begitu pula dengan keanekaragaman jenis makanan disetiap daerah pasti memiliki cita rasa khasnya sendiri.

Jika diperhatikan lagi, sebagian besar makanan khas beberapa daerah di Indonesia memiliki cita rasa yang pedas. Hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia yang gemar menyantap makanan bercita rasa pedas. Tidak heran ketika berpergian ke luar negeri, sambal menjadi salah satu barang yang wajib dibawa dibanding makanan lainnya.

Lidah orang Indonesia akrab sekali dengan makanan pedas, hal ini mungkin karena sedari kecil sudah kenal dengan rasa pedas. Ketika melihat orang tua kita makan pedas, kita akan penasaran seperti apa cita rasa yang ditimbulkan dari rasa pedas. Mulai dari rasa penasaran itu yang membuat kita mencoba, kemudian menjadi ketagihan dengan sensasi yang diberikan oleh rasa pedas tersebut.

Karena kebiasaan masyarakat Indonesia menyantap makanan pedas, hal ini membuat makanan lainnya yang tidak bercita rasa pedas terasa kurang nikmat di lidah, bagaikan sayur tanpa garam. Bahkan saking tidak bisa terlepasnya dari makanan pedas, masyarakat Indonesia banyak yang menanam sendiri pohon cabai di halaman rumah mereka demi bisa makan pedas setiap harinya.

Salah satu makanan tradisional bercita rasa pedas yang membakar lidah adalah Seblak.   

Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan ini ?

Pasti hampir seluruh masyarakat Indonesia khususnya remaja tidak asing lagi dengan makanan pedas yang satu ini. Seblak adalah makanan yang berasal dari Bandung, Jawa Barat yang memiliki cita rasa gurih, kenyal dari kerupuk dan sensasi kuah pedas yang membakar lidah tentunya.

Makanan ini sudah tidak diragukan lagi eksistensinya, sensasi dari kenyalnya kerupuk dipadukan dengan kuah pedas gurih yang kaya akan rempah menjadi incaran para pengemar makanan pedas.

Selain suguhan bercita rasa pedas dari makanan ini, harga yang dibandrol untuk satu porsi Seblak cukup murah, hanya berkisar antara 10 ribu sampai 20 ribu saja. Tidak heran jika hal ini menjadi salah satu alasan mengapa Seblak bisa sangat digemari masyarakat Indonesia.

Tidak tanggung-tanggung bahkan masyarakat Indonesia rela untuk mengantri hingga berjam-jam hanya untuk menyantap makanan berbahan kerupuk ini. Untungnya sekarang banyak warung-warung kecil yang menjual makanan ini untuk memenuhi kebutuhan para penikmat makanan pedas khas Kota Kembang ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x