Mohon tunggu...
Azizah Azzahra
Azizah Azzahra Mohon Tunggu... Manusia

Manusia yang hidup di Bumi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Menunjang Baca Tulis Al Quran Mahasiswa KKN Memberikan Pembelajaran Ngaji dengan Metode Kitab Yanbu`a

24 November 2020   16:58 Diperbarui: 24 November 2020   17:04 13 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menunjang Baca Tulis Al Quran Mahasiswa KKN Memberikan Pembelajaran Ngaji dengan Metode Kitab Yanbu`a
Pembelajaran Al-Qur`an dengan Metode Kitab Yanbu`a/dokpri

Semarang, 15 November 2020. Ngaji Al Qur'an yang dilaksanakan setiap hari. Kali ini mahasiswa KKN bersama dengan santri Darul Falah Besongo melakukan pembelajaran BTQ dengan menggunakan metode pada Kitab Yanbu'a. pembelajaran kali ini bertempat salah satu asrama Pondok Darul Falah Besongo yaitu di asrama B5.

Sebelumnya pembelajaran seperti ini telah dilakukan seminggu sekali pada sabtu malam atau minggu malam setelah Isya'. Namun karena santri yang juga mahasiswa selain kegiatan pondok mereka juga  disibukkan dengan tugas kampus sehingga pembelajaran Kitab Yanbu'a dilaksanakan tidak teratur.

"Alhamdulillah pembelajaran BTQ dengan menggunakan metode kitab Yanbu'a ini dapat dilaksanakan kembali secara teratur setelah sebelumnya sempat  tersendat karena kesibukan masing-masing". Ungkap Dinda Niswatul Ummah selaku ketua pelaksanaan  pembelajaran kitab Yanbu'a.

Pembelajaran yang dilakukan bertujuan agar kita dapat membaca al-Qur'an dengan makhorijul huruf yang benar. Sesuai dengan tujuannya pembelajaran ini dilakukan dengan cara santri melafalkan setiap huruf  hijaiyah yang telah dicontohkan oleh tutor sebagai tolak ukur seberaba jauh kemampuan santri mengucapkan kalimat dalam al-Quran dengan benar.

"Dalam pembelajaran Yanbu'a kami memerlukan tutor dan saya sangat berterimakasih kepada teman-teman mahasiswa KKN  karena tenaga mereka sangat membantu kami dalam melancarkan berjalannya pembelajaran Yanbu'a kali ini". Imbuh Dinda. 

Penulis: NazzalnaAmirotuzZakkiyah

VIDEO PILIHAN