Mohon tunggu...
Azizah LaelatulBadriah
Azizah LaelatulBadriah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Segala Sesuatu Harus Niat, Usaha dan Berdoa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Suasana Baru Belajar Online SDN Kertajaya 02 Kabupaten Bekasi di Masa PPKM Darurat

24 Juli 2021   16:10 Diperbarui: 24 Juli 2021   16:25 52 1 0 Mohon Tunggu...

Seperti diketahui kepala dinas Kabupaten Bekasi Carwinda di POJOKJABAR.com, Bekasi, mengatakan sekolah tahun ajaran baru 2021 belum bisa digelar secara tatap muka, karena saat ini masih menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat.

Kepala sekolah SDN Kertajaya 02 Kabupaten Bekasi siap untuk menggerakan guru-guru agar prestasi siswa tidak menurun dan kegiatan belajar mengajar tidak membosankan, dengan belajar tatap maya melalui zoom meeting. Seperti dikatakan wali murid SDN Kertajaya 02, anak-anak selama masa pandemi Covid-19 belajar di rumah melalui watshaapp group dan itu membuat anak-anak bosan dan jenuh saat mengerjakan tugas, anak-anak lebih suka berintraksi dan bertemu dengan teman-temannya.

“Pas tahun ajaran kemarin anak-anak merasa bosan saat belajar daring gini, belajarnya cuman lewat watshapp tanpa ada video call atau apa pun, itu membuat anak-anak jenuh, dan semakin malas, ingin bertemu dengan teman-teman dan gurunya”

Setelah mendengar keluhan wali murid tersebut, salah satu mahasiswa UPI yang sedang KKN di SDN Kertajaya 02, berinisiatif untuk mengubah cara belajar murid SDN Kertajaya 02, untuk penguatan pembelajaran online di masa PPKM darurat ini menggunakan zoom meeting. Hal ini disetujui oleh kepala sekolah SDN Kertajaya.

“iya, boleh sangat setuju sekali, terlebih lagi di masa PPKM Darurat ini anak-anak harus mengenal guru-gurunya, dan teman satu sama lain khususnya kelas rendah”

Zoom meeting memang menjadi salah satu rekomendasi yang bagus untuk pembelajaran online seperti saat pandemic covid-19 ini, tetapi ada beberapa hal yang menjadi masalah pada masyarakat, yaitu orang tua yang tidak memiliki hand phone. Hambatan ini tidak mempengaruhi kelancaran pembelajaran online melalui tatap maya, pasalnya murid yang tidak memiliki hand phone ada yang mengikut dengan teman yang dekat rumahnya untuk pembelajaran daring agar berjalan dengan lancar.

Pembelajaran melalui aplikasi zoom juga tidak akan dilaksanakan setiap pertemuan dikarenakan, masalah utamanya ada yang tidak memiliki hand phone, kuota yang terbatas, dan sinyal yang kurang lancar. Hambatan ini juga ada solusi yang tepat agar anak-anak bisa menikmati pembelajaran online dengan suasana yang lebih menyenangkan, yaitu dengan adanya video pembelajaran dari guru, bermain tik tok sambil belajar.

Anak-anak sangat antusias pertama masuk sekolah dengan semangat bisa melihat teman-teman-teman dan guru-guru, seperti yang dikatakan salah satu murid SDN Kertajaya 02, belajar seperti ini sangat menyenangkan, suasananya menyenangkan, bisa melihat guru dan teman-teman secara langsung dan lebih faham saat pembelajaran seperti ini, seperti belajar di sekolah.

“Seru banget, belajarnya kaya di sekolah, bisa lihat guru, temen-temen, suasananya juga enak daripada di rumah cuma mengerjakan tugas saja”

Kepala sekolah SDN Kertajaya 02, berharap agar pembelajaran tatap muka segara bisa dilaksanakan, dan  berharap penguatan pembelajaran daring melalui media ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk anak-anak meningkatkan prestasi, dan intraksi bersama teman dan guru dimasa PPKM darurat.

Nama : Azizah Laelatul Badriah

NIM : 1808419

Kelompok : 26

DPL : Alit Rahmat, M.Pd

#KKNT BDBP MBKM UPI

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN