Mohon tunggu...
Aziz AbdurRazak
Aziz AbdurRazak Mohon Tunggu... Doa, Usaha, Ikhtiar, Tawakkal.

Berbuat kebaikanlah seolah-olah esok hari kamu telah tiada. Menuntut ilmulah seolah-olah kamu akan hidup selamanya.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam dalam Ruang Lingkup Sekolah

7 Juli 2020   20:11 Diperbarui: 7 Juli 2020   20:02 23 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam dalam Ruang Lingkup Sekolah
androbuntu.com

Dengan berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi ini, memaksa Indonesia harus mempercepat perkembangan sema aspek, khususnya di bidang pendidikan agar nantinya bisa bersaing dengan Negara-negara yang lainnya. Untuk menindaklanjuti hal tersebut, pemerintah gencar melakukan pengadaan buku dan bahan ajar yang relevan digunakan di sekolah. 

Tanpa adanya buku dan bahan ajar maka suatu pembelajaraan akan menjadi tidak seimbang. Maka dari itu harus menggunakan media pembelajaran yang semenarik mungkin, terutama buku pembelajaran yang digunakan.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yang cenderung dapat menurun, salah satu faktor yang paling berperan dalam masalah ini adalah buku sumber yang digunakan dan bahan ajar yang kurang menarik siswa sehingga membuat hasil belajar siswa menjadi menurun.

Di era digital perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat sekarang ini terutama dengan adanya internet, televisi sangat berpengaruh terhadap daya pikat dan juga minat baca anak didik. 

Tak kalah juga dengan kreativitas guru dan karakteristik peserta didik yang berbeda dapat mempengaruhi dalam proses pembelajaran, maka guru dan peserta didik dituntut untuk kreatif dalam menyajikan buku sebagai bahan ajar.

Lebih dari itu semua, perumusan bahan ajar pendidikan agama islam dimaksudnkan agar pemahaman nilai-nilai keislaman yang diajarkan mampu diamalkan dalam kehidupan nyata di masyarakat dalam memuwujudkan kehidupan bersama dengan damai bahagia dan sejahtera. 

Dalam ajaran islam, seseorsang tidak dikatakan berimakan jika ia tidak mampu mengamalkan (mengaplikasikan) nilai-nilai imannya dalam tindaka amaliyah yang nyata.

Dalam paparan diatas, maka dapat terdapat permasalahan yang dapat teridentifikasikan:

  • Kualitas dan bahan ajar yang menarik sehingga dapat membuat siswa tidak bosen terhadap bahan ajaran dan mataeri tersebut.
  • Penilaian buku ajar pendidikan agama islam yang masih kurang sesuai dengan harapan.
  • Perlu adanya kajian secara mendalam tentang kesesuaian buku dangan bahan ajar yang sesuai dengan pengajaran yang ingin disampaikan.

Pengertian dari buku ajar, buku ajar adalah seperangkat sarana atau alat pembelajaran yang berisikan materi pembelajaran, metode batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang di desain secara sistemats dalam rangka untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Fungsi adanya buku pelajaran

  • Sebagai bahan refrensi
  • Sebagai bahan ajaran
  • Sebagai bahan evaluasi
  • Sebagai alat bantu pendidik untuk menuntut ilmu
  • Sebagai teknik pengajaran yang akan digunakan pendidik
  • Sebagai sarana untuk peningkatan karir dan untuk menambah ilmu yang belum diketahui menjadi tahu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN